-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Keberanian

Minggu, 26 Maret 2017 | Maret 26, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-08-24T02:06:52Z
"Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau”
חִזְק֣וּ וְאִמְצ֔וּ אַל־תִּֽירְא֥וּ וְאַל־תַּעַרְצ֖וּ מִפְּנֵיהֶ֑ם כִּ֣י ׀ יְהוָ֣ה אֱלֹהֶ֗יךָ ה֚וּא הַהֹלֵ֣ךְ עִמָּ֔ךְ לֹ֥א יַרְפְּךָ֖ וְלֹ֥א יַעַזְבֶֽךָּ׃ פ
(Ulangan 31:6)

Gill's Exposition of the Entire Bible menyatakan Kuatkan dan teguhkanlah hatimu;jangan takut, atau takut dari mereka; " musuh mereka, meskipun begitu banyak, begitu perkasa, dan beberapa dari mereka dari bertubuh raksasa, dan kota-kota mereka dipagari dengan kuat dan baik.Kuatkan dan teguhkan identik dengan keberanian. Keberanian harus didasarkan oleh karena kekuatan Tuhan.  Tuhan tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; tidak gagal untuk memenuhi janji-Nya kepada mereka, tidak meninggalkan mereka sampai ia telah memberi mereka kemenangan penuh atas musuh-musuh mereka, menempatkan mereka ke dalam kepemilikan tanah mereka, dan menempatkan mereka di dalamnya. Janji ini, meskipun dibuat untuk literal Israel, milik Israel rohani Allah, dan dibuat baik untuk setiap orang percaya sejati di dalam Tuhan; < Ibrani 13:5.>

Buku Hours of Powers: My Daily Book of Motivation and Inspiration karangan Robert H. Schuller.Sebenarnya keberanian (atau Tekad) bukanlah sebuah talenta. Keberanian (atau Tekad) adalah sebuah keputusan! Keberanian (atau Tekad) bukanlah posisi tanpa rasa takut, keberanian (atau Tekad) adalah hadirnya sebuah panggilan – sebuah mimpi yang menarikmu ke sesuatu yang lebih dari dirimu sekarang. Maka dari itu, keberanian (atau Tekad) adalah sesuatu yang tidak mungkin hilang dari dirimu. Keberanian (atau Tekad) adalah sesuatu yang selalu dapat kamu pilih. Jadi, pilihlah keberanian hari ini!

Belajar tentang apa yang dikatakan Alkitab tentang keberanian dan percaya diri. "Keberanian" memberikan dorongan bagi orang percaya dengan cara mengingatkan siapa mereka di hadapan Kristus dan di dalam kerajaan Tuhan. Ketika kita menjadi milik Tuhan, kita bebas mendekatinya secara langsung. Baca lagi—atau mungkin untuk pertama kali—jaminan pasti tentang posisi anda di dalam keluarga Tuhan.

Keberanian lawan dari ketakutan Keberanian = Rasa tidak takut untuk melakukan / menghadapi sesuatu Keberanian bisa dikonotasikan positif dan negatif. Keberanian dikonotasikan negatif misalnya:  -Keberanian untuk menipu -Keberanian untuk merampok / membunuh dll. Kebenarian dalam positif misalnya: Keberanian membela yang benar.
Keberanian itu menurut Robert Schuller:- Kesempatan untuk maju - Kesempatan untuk melangkah - Kesempatan untuk melakukan perubahan


Keberanian adalah suatu sikap untuk berbuat sesuatu dengan tidak terlalu merisaukan kemungkinan-kemungkinan buruk. Aristoteles mengatakan bahwa, “The conquering of fear is the beginning of wisdom. Kemampuan menahklukkan rasa takut merupakan awal dari kebijaksanaan.” Artinya, orang yang mempunyai keberanian akan mampu bertindak bijaksana tanpa dibayangi ketakutan-ketakutan yang sebenarnya merupakan halusinasi belaka. Orang-orang yang mempunyai keberanian akan sanggup menghidupkan mimpi-mimpi dan mengubah kehidupan pribadi sekaligus orang-orang di sekitarnya. Hanya diri kita yang mampu mengukur apakah keberanian kita cukup besar?

Marilyn King mengatakan bahwa keberanian kita secara garis besar dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu:
  • visi (vision), 
  • tindakan nyata (action), 
  • dan semangat (passion). 
Ketiga hal tersebut mampu mengatasi rasa khawatir, ketakutan, dan memudahkan kita meraih impian-impian.Berdasarkan visi atau tujuan yang ingin kita capai, satu hal yang terpenting adalah kita harus menciptakan kemajuan.

Menurut Vince Lombardi, seorang pelatih rugby ternama di dunia, upaya menciptakan kemajuan akan berjalan secara bertahap. Adanya perubahan menjadikan diri kita berani membuat kemajuan yang lebih besar.

Anthony J. D'Angelo menegaskan, “Don't fear change, embrace it. – Jangan pernah takut pada perubahan, tetapi peluklah ia erat.” Maka perjelas visi, supaya berpengaruh signifikan terhadap keberanian.

Apa yang membuat Yesus menerima semua penderitaan yang ditanggungnya hingga desah nafas terakhirnya di kayu salib? Keberanian menerima rencana Ilahi yang telah digariskan padanya.Keberanian adalah sebuah iman. Ketika kita mendengar, melihat dan berbicara dengan hati kita, maka apapun tindakan, pikiran dan ekspresi yang kita lakukan bukan keberanian lagi namanya. Ia sudah menjadi iman yang hidup.

Ciri-ciri umum dan khusus dari keberanian Ciri-ciri umum keberanian :
  • adanya tekad
  • percaya diri
  • Konsistensi
  • Optimisme 
Ciri-ciri khusus keberanian
  • berpikir secara matang dan terukur sebelum bertindak
  • mampu memotivasi orang lain
  • selalu tahu diri, rendah hati, dan mengisi jiwa serta pikiran dengan pengetahuan baru menuju ke arah yang benar
  • bertindak nyata
  • semangat
  • menciptakan kemajuan
  • siap menanggung resiko
  • konsisten/istiqomah
Yesus Kristus telah meletakkan nilai keberanian sejati dengan menanggalkan kesetaraan-Nya menjadi manusia dan taat sebagai hamba bahkan disalibkan karena kasih yang bulat wujud tekad yang tidak tergoyahkan untuk menyelamatkan siapa saja yang mau menerima karya penebusan-Nya di Kalvari. Keberanian yang dicontohkan Yesus Kristus Tuhan adalah wujud keteladanan dalam hal keberanian.
×
Berita Terbaru Update