-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Tuhan itu Sumber Kekuatan

Minggu, 26 Maret 2017 | Maret 26, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-08-24T12:10:31Z
Habakuk 3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.
יְהוִה אֲדֹנָי חֵילִי וַיָּשֶׂם רַגְלַי כָּאַיָּלֹות וְעַל בָּמֹותַי יַדְרִכֵנִי לַמְנַצֵּחַ בִּנְגִינֹותָי׃

Matthew Poole's Commentary memberikan penjelasan terhadap teks bahwa itu adalah deklarasi iman, harapan, keinginan dan doa yang detailnya antara lain:
  • Habakuk, sang nabi atas nama pribadi dan juga orang saleh dengan penuh kepercayaan dan melakukan resolusi untuk berperilaku bersukacita ditengah-tengah kesulitan karena ada TUHAN Allah sumber kekuatan bukan karena kekuatan dirinya sendiri.
  • Tuhanlah yang membuat kakiku seperti kaki rusa, supaya aku (Habakuk dan saudara-teman serta rekan-rekannya) dapat berlari ke Tuhan dan berlindung ke gunung yang aman dan selamat, sehingga aku akhirnya melarikan diri dari Babel ke Yudea ke Yerusalem.
  • TUHAN akan membuat saya berjalan di atas tempat-tempat tinggi, ke tanah air saya, kota saya dan bait Kudus-Mu yang kucinta. Allahku akan menjadi kekuatan saya, membiarkan lepas, saya dapat mempercepat ke gunung-gunung Israel.
Tuhan adalah kekuatan dialami oleh Habakuk saat dalam penderitaan,kesulitan dan kekalahan.
Hal serupa juga diungkapan nabi Yesaya dalam Yesaya 40:28-31:
  • Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya. (28)
  • Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.(29)
  • Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, (30)
  • Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. (31)
Tuhan itu kekuatan dapat hadir pergumulan hidup yang mempertanyakan mengapa tragedi, bencana, kesedihan,kegagalan, kelaparan, kelelahan melanda karena pada saat itu terjadi pertempuran antara manusia yang berdosa dan tidak berdaya dengan iblis yang sedang mencuri, membunuh dan hendak membinasakan. Tuhan yang telah meremukan kepala ular dapat tampil memberikan kekuatan-Nya jika kita berpaling dan hampiri Tuhan.


Dosa kita telah memisahkan kita dari Tuhan, dan dosa itu mempengaruhi lebih banyak didalam kehidupan kita. Hukuman bagi dosa kita adalah kematian, atau terpisah selamanya dari Tuhan. Bagaimanapun, Tuhan telah menyediakan sebuah jalan bagi kita untuk diampuni dan mengenal Tuhan sebab TUHAN yang kuat telah memberikan yang terbaik sehingga dapat melihat kekuatan dari Tuhan. Apakah yang terbaik sehingga dapat melihat kekuatan TUHAN?
  • Hadiah terbaik untuk sahabat yang alami masalah berat adalah KESETIAAN.
  • Hadiah terbaik untuk musuh karena berdosa kepada Tuhan adalah PENGAMPUNAN.
  • Hadiah terbaik untuk semua orang adalah KASIH Allah dalam Yesus Kristus sumber kekuatan. Sebab:
    • Dalam kesendirianku, saat tak seorangpun yang berjalan bersamaku, DIA yang mengetahui dan bersedia menemaniku sepanjang jalan kehidupanku
    • Dalam kesedihanku, saat tak seorangpun yang peduli, DIA yang memberikan penghiburan dan pelukan hangat bagiku
    • Dalam keterpurukanku, saat tak seorangpun mau menghampiri, DIA yang ku lihat mengulurkan tanganNya bagiku
    • Dalam kesalahanku, saat tak seorangpun mau menerimaku lagi, DIA yang selalu membuka tanganNya dan pengampunanNya memberikan aku hidup yang baru
    • Dalam kemenanganku, selalu ada DIA yang tersenyum dan bangga padaku
    • Dalam kelelahanku, selalu ada DIA yang menjadi sandaran dan kekuatan bagi hidupku
    • Dalam keputusasaanku, selalu DIA yang menjadi jawaban atas setiap persoalanku
    • Dalam kesakitanku, selalu ada kasihNYA yang menyembuhkanku
    • DIAlah membuat aku menyadari sesunggunya DIA sumber pengharapanku,
    • DIAlah membuat aku bersyukur sebab itu sumber sukacitaku.
    • DIAlah ingin menyatakan bahwa DIA sumber segalanya.
    • Dan dalam kehilanganku, ku dapatkan DIA,
    • DIA itu TUHAN yang menopang dan memberi kekuatan
MacLaren's Expositions saat menjelaskan Teks Alkitab di atas menyatakan antara lain bahwa Habukuk mengajukan tiga klausa teks dan atau tiga aspek dalam hidup kita sehingga ada kekuatan untuk tabah, bersukacita dalam Tuhan keselamatan kita sumber kekuatan.

I. Pertama, persekutuan dengan Allah membawa manusia menikmati kekuatan Allah.
  • Habakuk menyatakan TUHAN adalah kekuatan-ku adalah hasil dari pengalaman jalan bersama Tuhan.
  • Hal ini juga dikatakan oleh Daud dalam Mazmur 18
  • Dan juga oleh Paulus "Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. kebenaran Perjanjian Baru yang menyatakan Rasul ketika ia berkata: ". Aku dapat melakukan segala sesuatu di dalam Kristus yang memberi kekuatan saya dalam ' Ini adalah antisipasi dalam pengalaman-yang selalu datang sebelum formula dogmatis yang mengurangi pengalaman menjadi ucapan mengartikulasikan, dari apa yang Rasul dicatat ketika ia berkata bahwa ia telah mendengar suara yang menyatakan, 'kasih karunia-Ku cukup bagimu, dan kekuatan saya dibuat sempurna dalam kelemahan. "
MacLaren menyatakan : "Tuhan adalah kekuatan saya, dan jika kita akan bersukacita di dalam Tuhan kita akan menemukan bahwa pengalaman Habakuk lebih rendah dari kita, karena ia tahu kurang dari Tuhan daripada yang kita dapat lakukan; dan kita akan mampu mengungguli nya mengatakan dengan yang lain salah satu Nabi: "TUHAN adalah kekuatanku dan mazmurku; Dia juga menjadi keselamatanku. " Itu adalah berkat pertama yang percaya kuno ini, dari senja wahyu awal, merasa yakin untuk datang melalui persekutuan dengan Allah.

II. Persekutuan bersukacita - Allah akan memberikan cahaya di jalan kehidupan.
  • "Dia membuat kakiku seperti rusa 'kaki.' Rusa adalah, dalam semua bahasa yang dipakai oleh orang-orang yang pernah melihatnya, sangat jenis dan lambang elastis, melompat dengn mudah, bercahaya dan berlari dengan anggun, yang melewati setiap rintangan, dan menyapu cepat lebih tegalan. 
  • Pemazmur telah mengatakan bahwa TUHAN yang membuat kakiku seperti kaki rusa dan membuat aku berdiri di bukit lalu kemudia Rasul Paulus memberitahu kita bahwa tentara Kristen harus memiliki nya 'kaki bersepatu dengan sigap yang berasal dari Injil damai sejahtera.Tentu saja kondisi bervariasi. Tentu saja semangat kita naik dan turun.Tentu saja pekerjaan yang harus kita lakukan satu hari tampaknya lebih mudah daripada melakukan pekerjaan yang sama lain. Semua fluktuasi ini dan variasi, dan penyebab berat perjalanan langkah kaki kehidupan - dan kadang-kadang jatuh dalam dosa, penyebab kelesuan-akan bertahan;.Semua pekerjaan yang tidak dilakukan dalam persekutuan dengan Yesus Kristus cenderung menjadi terlalu berat untuk ditangani dengan sukses, atau terlalu sepele untuk menuntut energi yang terbaik ...... 
  • Engkau bekerja maka kaki saya seperti rusa' adalah kekuatan motivasi baru dari cinta kepada Allah di dalam Kristus dengan baik ke dalam hati saya sehingga keluar dan pengaruh semua tindakan saya, tidak akan ada lebih banyak tugas terlalu berat untuk melakukan, atau terlalu kecil untuk menjadi layak usaha. Tidak akan ada yang tidak diinginkan. Tempat-tempat yang kasar akan dibuat polos, dan hal-hal bengkok lurus, dan kaki kita akan bersepatu dengan kesiapan Injil damai sejahtera. Kekuatan hadir karena persekutuan dengan TUHAN sumber kekuatan kita sehingga 'berjalan dan tidak menjadi lelah.
III. Persekutuan dengan Allah sumber kekuatan membawa kedewasaan dan naik lebih tinggi.
  • "TUHAN akan menuntun saya untuk berjalan ke tempat-tempat terlalu tinggi bagi saya,karena TUHAN berkuasa itu Mahatinggi. '; jika kita akan menjaga diri kita, tinggal dalam persekutuan penuh kasih dengan Allah di dalam Kristus;dan hari demi hari, bahkan ketika 'pohon ara tidak mekar, dan tidak ada buah pada pokok anggur,' akan tetap 'bersukacita dalam Tuhan keselamatan kita, Ia akan mengangkat kita, dan ayat Yesaya lainnya dalam ayat yang saya kutip akan terpenuhi: "Mereka akan terbang seumpama dengan sayap seperti rajawali." Persekutuan dengan Tuhan tidak hanya membantu kita untuk bekerja keras dan melakukan perjalanan, tetapi hal ini membantu kita untuk melambung. Jika kita menjaga diri kita berhubungan dengan-Nya, kita akan menjadi seperti berat yang tergantung pada sebuah balon. Daya apung satu akan mengangkat semuanya. Jika kita berpegang teguh dengan tangan Kristus yang akan mengangkat kita ke tempat-tempat tinggi, ketinggian Allah. TUHAN sumber kekuatan inginmengangkat kita, karena rahmat-Mu. Kita di rumah sana, dan berjalan di kebebasan dalam kebesaran, dan tidak takut jatuh di antara tebing.
  • Setia membangun hubungan Yesus Kristus Tuhan, dan Dia akan, bahkan sementara kaki kami bepergian sepanjang jalan ini bumi, mengatur kami di sebelah kanan-Nya sendiri di sorga, dan membuat mereka 'kami berada tempat-tempat tinggi. " Hal ini aman di sana. Udara murni; kabut racun turun lebih rendah; para pemburu tidak datang ke sana; panah atau senapan mereka tidak akan membawa sejauh ini. Hanya ketika usaha kawanan sedikit menuruni bukit mada berada dalam bahaya dari tembakan.
  • Persekutuan dengan TUHAN akan membuat kita lincah, dan mengangkat kita tinggi, namun itu akan menjaga kita di meja, dan pabrik, dan studi, dan dapur, dan pembibitan, dan toko, dan kita akan menemukan bahwa tempat-tempat yang tinggi dicapai dalam setiap kehidupan, dan dalam setiap tugas. Jadi kita bisa terus sampai akhirnya kita akan mendengar suara yang mengatakan, 'Datanglah lebih tinggi, dan ia akan diangkat ke gunung Allah, di mana air hidup ada, dan tidak takut jerat atau pemburu lagi untuk selama-lamanya. 
Tuhan itu kekuatan kita, bersekutulah dengan-Nya maka kita dapat kekuatan dari TUHAN sehingga, antara lain:
  • Mazmur 89:16-18 Berbahagialah bangsa yang tahu bersorak-sorai, ya TUHAN, mereka hidup dalam cahaya wajah-Mu; karena nama-Mu mereka bersorak-sorak sepanjang hari, dan karena keadilan-Mu mereka bermegah. Sebab Engkaulah kemuliaan kekuatan mereka, dan karena Engkau berkenan, tanduk kami meninggi.
  • Yudas 1:24 Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya,
Syukurlah kepada TUHAN, sebab TUHAN itu adalah kekuatan setiap manusia yang percaya dan membangun hubungan dalam kesetiaan dan ketaatan dengan tulus dan sukacita di setiap musim / keadaaan yang diiznkan untuk dilalui bersama dengan DIA, TUHAN Mahakuat.
×
Berita Terbaru Update