-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Salib Kesempurnaan Karya Yesus

Kamis, 06 April 2017 | April 06, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-04-05T20:56:59Z
ὡς δὲ ἐτέλεσαν πάντα τὰ περὶ αὐτοῦ γεγραμμένα, καθελόντες ἀπὸ τοῦ ξύλου ἔθηκαν εἰς μνημεῖον. 
Dan setelah mereka menggenapi segala sesuatu yang ada tertulis tentang Dia, mereka menurunkan Dia dari kayu salib, lalu membaringkan-Nya di dalam kubur. {Kisah Para Rasul. 13:29}

People's New Testament menyatakan bahwa  Paulus  sekarang mengulangi fakta-fakta Injil, yaitu: 
  • Kristus ditolak oleh para penguasa;  
  • Kitab Suci yang mereka baca setiap hari Sabat dipenuhi Dengan menjatuhkan hukuman mati;  
  • Permintaan kepada Pilatus untuk membunuh dia, ketika ia telah menyatakan tidak ada penyebab kematian;  
  • Kitab Suci digenapi dalam kematian-Nya;  
  • Kebangkitan berlimpah dibuktikan;  
  • Ia menyatakan bahwa janji Bapa sekarang dipenuhi untuk anak-anak mereka. Lihat, misalnya, 
    •  Kejadian 22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku." Juga
    • Kejadian 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
Mereka yang terdiri atas bangsa Yahudi yang dikendalikan oleh tokoh agama Yahudi, penguasa Romawi di Yudea, dan bahkan iblis tanpa menyadari telah mengenapi segala sesuatu yang tertulis dalam Firman Tuhan sebab mereka semua tidak mengerti kebenaran Firman Tuhan yang saat itu masih termeterai bahkan Alkitab menyatakan bahwa kepala ular (iblis) remuk saat berhadapan dengan Yesus, Firman yang mengenakan daging mengadakan serangkaian mujizat, mengusiran kuasa kegelapan, melakukan segala sesuatu kebaikan dengan kasih dan penuh kuasa sehingga merekayasa pembunuhan yang sebenarnya mengenapi Firman Tuhan dengan proklamasi bahwa "Telah Selesai" semua karya-Nya sebagai Anak Domba Allah.
 Yohanes 19:30
Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Alkitab dengan jelas mengambarkan salib sebagai kebodohan menurut orang Yahudi dan batu sandungan bagi bangsa Israel yang berusaha mengejar kebenaran menurut tafsiran pengertiannya sendiri terhadap kebenaran Firman Tuhan dan Iblis telah remuk melihat dan alami sendiri karena Yesus alami kemenangan, sejak usaha pembunuh bayi di Betlehem, pencobaan di padang gurun sampai memberi kuasa kepada semua murid-Nya melakukan pelepasan dan pengusiran setan.....
  • 1 Kor. 1:23 tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan,
  •  Lukas. 10:18 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.
Orang Yunani sebagai wakil manusia dari kalang terpelajar yang mempelajari filsafat gagal memahami salib Kristus, dan orang Yahudi yang sibuk belajar Firman Tuhan dengan kemampuan akalnya akhirnya memutuskan membungkamkan Yesus melalui penyaliban sebab gagal memahami salib adalah bukan tanda ketidak berdayaan, kelemahan dan kekalahan melainkan puncak karya penyelamatan bagi semua orang yang berdosa dan semua orang telah berdosa dan hanya kasih karunia Allah saja melalui Salib manusia selamat dan iblis telah dikalahkan melalui salib dan itu dianugerahkan juga kepada setiap orang yang percaya.
  • 1Kor. 1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.
  • Rm. 16:20 Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!
Hal menarik, memampuan akal manusia benar-benar tidak dapat memahami kebenaran salib Kristus tetap misteri bagi banyak ahi filsafat dan bahkan pelaku pembaca Alkitab yang dengan kekuatan akal budinya mencoba mengerti makna salib, contoh :
  • Saksi Yehuwa tidak percaya Yesus mati disalibkan. ( Bertukar pikiran ayat-ayat Alkitab edisi 2003 halaman 338-342) 
    • (Seandainya benar, bukankah stau-ros juga salib? Bila baca Alkitab maka konteks harus disesuaikan kepada masa penulisan Alkitab bukan menarik masa kini dan dibandingkan masa lalu. Tanda Salib telah dipakai dan diajarkan abad ke-2 yaitu Tertullian bandingkan Yeh 9:4, Kel 17:9-14, Why 7:3; 9:4; 14:1 - Catatan -- untuk  Watch Tower, Apakah yang sebenarnya Alkitab Ajaran, 2003 hal 204-206)
  •  Rev. Jeffrey John, pemimpin Katedral St. Albans, Inggris, dalam siaran radionya di Radio 4 BBC mengatakan penyaliban Yesus bagi dosa-dosa dunia "cukup menjijikkan dan juga tidak masuk akal
  •  Dr. John Dominic Crossan, mantan wakil kepala Jesus Seminar yang beraliran teologi liberal membuat komentar Tuhan memiliki orang lain yang menderita utnuk dosa-dosa kita adalah "sebuah kecarutan" dan mengorbankan anaknya adalah "semacam penyiksaan anak yang berlebihan.
Mengapa?

2Kor. 3:14Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.
2Kor. 3:15Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.
2Kor. 3:16Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.
Hanya pertolongan Tuhan saja kita dapat membuka selubung kebenaran Firman Tuhan dengan berdoa memohon kepada TUHAN agar setiap kali membaca Alkitab rahasia kebenaran diuaangkapkan dan terungkap bukan mengandalkan kemampuan akal budi manusia yang terbatas sehingga menjadi batu sandungan seperti yang dialami pemimpin agama Yahudi dimasa penyaliban Yesus.

Sejumlah teolog Kristen yang melihat kebanaran salib karena selubungnya diangkat, menyatakan antara lain:
  • Dr. Paul L. Maier - Bagi umat Kristiani, kematian Kristus membenarkan semua orang yang percaya kepada-Nya dan menyimbolkan besarnya kasih Tuhan.
  • Dr. Michael Youssef - "Sampai kita mengerti besarnya dosalah kita bisa menghargai pengampunan Tuhan,"
  • Billy Graham. "Betapa sedikit orang yang menyadari bahwa jawaban bagi semua permasalahan dunia dapat ditemukan di kaki salib.
Semakin besar pengorbanan yang diberikan melalui Salib Kristus maka sebenar benar keuntungan yang diperoleh karena  ambil keputusan percaya dan menerima kebenaran salib Kristus yang menebus dosa manusia sebagai Anak Domba Allah yang memikul dosa isi dunia.
Salib adalah fakta bahwa orang berdosa dan jahat yang diputuskan binasa harus disalibkan tetapi kasih Allah menahan-Nya untuk membiarkan diri-Nya tersalib, sebab bukanlah paku yang menahan-Nya tetap berada di salib tetapi karena begitu besar kasih-Nya sebab DIA adalah gembala yang baik, yang memberikan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya.
Salib adalah jembatan satu-satunya yang membawa kepada kehidupan kekal melalui pengampunan dan penebusan dosa.

Melalui percaya salib manusia menjadi ciptaan baru sehingga benar-benar kesempurnaan karya Kristus Tuhan telah diselesaikan dengan tuntas dan genaplah seluruh gulungan kitab suci dan kasih setia-Nya yang agung melampaui pengertian manusia.
 2 Korintus. 5:17
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Salib mengubah jalan hidup dan menjadikan segala sesuatu menjadi baru.
Menjadi baru karena melalui percaya salib Kristus alami sesuatu yang mnjadikan hidup kita baru, antara lain:
Yang dipikul YesusUpah Salib Kristus
Penghukuman 
 Ul. 21:22"Apabila seseorang berbuat dosa yang sepadan dengan hukuman mati, lalu ia dihukum mati, kemudian kaugantung dia pada sebuah tiang,
Di ampuni
Mat. 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.
Alami sakit
Mzm. 107:17Ada orang-orang menjadi sakit oleh sebab kelakuan mereka yang berdosa, dan disiksa oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka;
Hadir kesembuhan
1Ptr. 2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
Tetap Berdosa
 Yoh. 16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
Dibenarkan
Rm. 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
Maut
 Rm. 5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.
Kehidupan
Rm. 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
Kemiskinan
2Kor. 8:9 Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya. { di Salib Yesus kelaparan,kehausan dan tanpa kelayakan berpakaian}
Kelimpahan
2Kor. 9:9 Seperti ada tertulis: "Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya."
Perhatikan juga 2 Kor 8:9
Rasa malu
 Ezr. 9:6 dan kataku: "Ya Allahku, aku malu dan mendapat cela, sehingga tidak berani menengadahkan mukaku kepada-Mu, ya Allahku, karena dosa kami telah menumpuk mengatasi kepala kami dan kesalahan kami telah membubung ke langit.
Salib penderitaan sangat memalukan.
Menerima kemuliaan
Rm. 5:2 Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah
Penolakan Bapa
Mat. 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "EliElilama sabakhtani?"* Artinya: /Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
Penerimaan oleh Bapa 
Gal. 4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"
Perhatikan Yoh 1:12
kutuk
Gal. 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"
Berkat 
Mrk. 14:22 Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Ambillah, inilah tubuh-Ku.
Nb: Kita diberkati karena telah dikuduskan oleh darah Salib Yesus.

Salib adalah wujud kasih Allah yang mengenapi apa yang dijanjikan kepada segenap manusia, anak-anak Adam dan Hawa. Kasih-Nya melampaui batas pengertian dan tidak terpahami ...... dan bermuara TUHAN tidak ingin semua orang binasa melainkan memperoleh hidup kekal bersama-NYA dalam kerajaan Bapa yang penuh kasih.

Di salib penguasa angkasa diruntuhkan karena itu Iblis tidak takut dengan orang kristen yang hanya memiliki pengetahuan teologia. Iblis tidak takut dengan orang kristen yang hanya memiliki banyak karunia Roh. Iblis juga tidak takut dengan orang kristen yang memiliki keduanya tetapi ia sangat gemetar menghadapi orang kristen yang telah mengalami salib.
  • Mat. 16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.
Mengalami salib memiliki pengertian yaitu  menyerahkan dirinya kepada Allah yang memiliki kehendak, penuh kasih sayang, dengan segenap tubuhnya, dan jiwanya serta tidak mencari kebahagiaan sendiri sebagai obyek tertinggi, tetapi bersedia untuk meninggalkan semua, dan memberikan segalanya juga, jika diperlukan.

Karya penyelamatan Yesus Sang Mesias selesai dengan sempurna sehingga berkat Allah diterima sepenuhnya yang menjadikan kita ciptaan baru dan menjadi ahli waris kerajaan Sorga yang Mulia dan Kekal.

Karya Salib menjadikan kita ciptaan baru dengan segala berkat dan memampukan Firman Allah ubahkan dengan agar hidup selaras dengan kehendak-Nya dalam jalan salib.
O Tuhan, keraskanlah diriku terhadap si aku,
Dia pengecut yang suka menangis -
Suara sedihnya memancing keterharuan,
Dia pemburu senang, santai dan riang
Si aku, pengkhianat utama terhadap diriku,
Temanku yang paling tidak setia -
Musuhku yang paling mematikan,
Perintang jalan, kemanapun ku pergi
Hanya Tuhan berkuasa mengekang si aku,
Mengangkat beban beratku -
Mematahkan belengguku,
Syukur, lepas dan bebaslah aku
(Christian Rossetti)
×
Berita Terbaru Update