-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Tuhan itu Teratur

Rabu, 05 April 2017 | April 05, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-08-26T21:09:29Z
Bahkan burung ranggung di udara mengetahui musimnya, burung tekukur, burung layang-layang dan burung bangau berpegang pada waktu kembalinya, tetapi umat-Ku tidak mengetahui hukum TUHAN 
גַּם־חֲסִידָ֣ה בַשָּׁמַ֗יִם יָֽדְעָה֙ מֹֽועֲדֶ֔יהָ וְתֹ֤ר [וְסוּס כ] (וְסִיס֙ ק) וְעָג֗וּר שָׁמְר֖וּ אֶת־עֵ֣ת בֹּאָ֑נָה וְעַמִּ֕י לֹ֣א יָֽדְע֔וּ אֵ֖ת מִשְׁפַּ֥ט יְהוָֽה׃
Yeremia. 8:7

Teks di atas di atas adalah menyatakan bahwa Tuhan Sang Pencipta telah memberikan mengatur alam termasuk burung ranggung, burung tekukur, burung layang-layang dan burung bangau mengikuti pola yang teratur yang dirancang Tuhan dengan melengkapi hewan tersebut dengan naluri / insting sehingga burung tersebut dapat bertahan hidup menghadapi siklus perubahan cuaca.

Tuhan dengan sangat detail mengatur dengan kreatif. Tuhan menciptkan segala sesuatu dengan aturan dan hukum-Nya yang terencana dalam keteraturan dalam keragaman kompleksitas yang diciptakan dan Tuhan juga menambahkan variabel pengacak yang memberikan semua orang dan segala sesuatu dengan masing-masing keunikan dalam kasus di atas adalah keunikan dari siklus migrasi burung yang senantiasa bergerak sesuai naluri / insting yang diberikan kepada burung-burung di udara tetapi manusia yang lebih mulia dari burung sebab dilengkapi bukan saja siklus/ritme kehidupan biologis tetapi akal budi tetapi karena akalnya telah jatuh dalam dosa sehingga tidak taat pada rancangan penciptaan menjadi lebih buruk daripada burung yang taat kepada pengaturan Tuhan.

Teks diatas menyatakan ketertiban yang dibuat saat penciptaan adalah agar segala sesuatu bertindak dalam hukum yang dibuat oleh Tuhan bukanlah hidup di luar sistem hukum dari Tuhan agar seperti burung tahu dari mana dia berasal dan dapat kembali ke tempat asalnya sekalipun belum pernah melakukan migrasi perjalanan yang panjang dan jauh serta habiskan waktu, tenaga tetapi TUHAN memberikan kekuatan kepada mereka kembali ke tempat semula tetapi manusia melenceng dan tidak kembali kepada Bapa Sorgawi, meskipun Tuhan memberikan seperangkat hukum bagi manusia agar manusia kembali ke tempat Bapa, bahkan hingga kasih-NYA yang tidak terbatas sehingga telah mengirimkan Firman mengenakan daging dan menjadi serupa dengan manusia agar manusia mengenal jalan, kebenaran dan hidup sehingga dapat kembali ke rumah Bapa sebab di sana telah tersedia tempat bagi manusia yang percaya dan diam dalam hukum kasih karunia dari Tuhan.


Tuhan itu teratur sehingga manusia di berikan ritme khusus agar hidup teratur, antara lain:
  • Jam siklus Tubuh Manusia
    •  Pukul 1-2 dinihari: Fase tidur paling lelap
      Pada jam-jam tersebut, aktivitas berbagai sistem organ banyak yang diistirahatkan. Namun bagi yang hamil, produksi progesteron akan meningkat sehingga peluang untuk melahirkan pada tengah malam selalu lebih tinggi.
      Pukul 4-5 pagi: Suhu tubuh paling rendah 
      Pukul 5-6 pagi: Peningkatan tekanan darah paling tajam 
      Produksi melatonin atau hormon yang memicu rasa kantuk mulai berhenti, sementara tekanan darah meningkat paling tajam dibandingkan waktu lainnya. Produksi kortisol atau hormon stres meningkat sehingga otak siap untuk bekerja seharian, namun peningkatannya tidak sampai memicu stres.
      Pukul 7 pagi: Hormon seks meningkat 
      Peningkatan testosteron pada pria maupun wanita terjadi pada pagi hari, sehingga mampu membangkitkan gairah seks.
      Pukul 8 pagi: Pergerakan usus meningkat 
      Jam ini cocok untuk buang air besar (BAB) pada pagi hari. Karena pada jam ini adalah proses alamiah, yakni terjadi pergerakan usus paling tinggi pada waktu tersebut. Pengukuran berat badan paling akurat dilakukan pada pagi hari setelah buang air besar.
      Pukul 9 pagi: Metabolisme paling tinggi 
      Waktu yang tepat untuk sarapan pagi adalah sekitar pukul 9 karena ada peningkatan metabolisme. Artinya lemak-lemak yang diserap dari makanan pada waktu-waktu tersebut tidak akan banyak yang menumpuk.
      Pukul 10-11 siang: Kewaspadaan tinggi 
      Ibarat mesin diesel, tubuh dan pikiran sudah panas dan mencapai kondisi ideal untuk beraktivitas saat menjelang siang. Tingkat kewaspadaan tinggi, jarang ada yang mengantuk kecuali memang sedang kurang tidur.
      Pukul 11-2 siang: Stres meningkat 
      Jeda istirahat dibutuhkan untuk memberi kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk menyegarkan diri. Makan siang di luar bisa menyegarkan pikiran, sekaligus membiarkan tubuh terkena sinar matahari yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.nari pada stress mendingan mendengarkan lagunya Norman Kamaru yang judulnya cinta farhat.
      Pukul 2-3 siang: Koordinasi terbaik 
      Melakukan banyak hal sekaligus atau multitasking paling cocok dilakukan pada siang hari, karena kemampuan otak untuk melakukan koordinasi berada pada titik tertinggi. Di sisi lain, proses pencernaan makanan belum selesai sehingga kemampuan fisik agak berkurang.
      Pukul 3-5 sore: Denyut jantung paling stabil 
      Jika ingin berolahraga, sore hari adalah waktu paling tepat karena level adrenalin berada di level tertinggi. Selain itu, denyut jantung dan tekanan darah paling stabil sehingga cocok untuk melakukan aktivitas fisik.
      Pukul 5-8 sore: Proses pembuangan racun 
      Fungsi hati dalam memproses racun-racun sisa metabolisme paling tinggi pada sore hari, sehingga perlu didukung dengan minum air putih. Keinginan untuk ngemil juga tinggi karena kemampuan indra penciuman (hidung) dan perasa (lidah) meningkat.
      Pukul 8-10 malam: Metabolisme dan pergerakan usus berkurang
      Karena aktivitas fisik berkurang, maka pembakaran energi tidak banyak terjadi di malam hari. Artinya jika makan di malam hari, maka cadangan energi yang disimpan dalam bentuk lemak juga akan semakin banyak.
      Pukul 10-11 malam: Hormon seks meningkat lagi 
      Dibandingkan pagi hari, peningkatan libido atau gairah seks pada malam hari tidak terlalu tinggi karena secara fisik sudah kelelahan. Namun peluang terjadinya ovulasi dan pembuahan paling tinggi pada hubungan suami istri malam hari menjelang tidur ketimbang pagi hari.
  • Selain itu masih banyak siklus .....Siklus pencernaan, siklus bio ritme .... tetapi manusia berjuang melawan siklus tersebut agar hidup mendapatkan sesuatu yang disukai dan atau menjadi tujuan hidup sehingga bio ritme manusia sudah tidak teratur berbeda dengan hewan yang masih dikendalikan oleh naluri awal.
 1 Korintus 14:40
Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur
Keteraturan yang paling penting dalam Alkitab adalah keteraturan melampaui memperoleh yang berguna bagi hidup dengan maksimal di dunia.
Jika perhatikan teks lain dalam Alkitab yang mengambarkan ketertiban yang sesuai dengan kehendak Bapa, maka akan menemui antara lain:
  • 1 Korintus 14:33 Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera
  • 1 Timotius 1:4  ataupun sibuk dengan dongeng dan silsilah yang tiada putus-putusnya, yang hanya menghasilkan persoalan belaka, dan bukan tertib hidup keselamatan yang diberikan Allah dalam iman
Rencana Tuhan manusia hidup dalam ketertiban, tetapi Tuhan telah memperhitungkann ada sejumlah variabel sebab ada Iblis yang senantiasa hendak mencuri, membunuh dan membinasakan manusia. Tuhan yang menempatkan Adam dan Hawa di Taman Eden mengizinkan hadirnya variabel godaan dari si jahat dan sekalipun manusia jatuh ke dalam dosa, TUHAN meremukan kepala ular sehingga kutuk dan sengat dosa bukanlah sesuatu yang mengagalkan rencana TUHAN.
Rencana Tuhan bukanlah sesuatu yang selalu mulus dan tanpa gejolak. Dalam rancangan-Nya yang mempertimbangkan segala variabel penyimpangan, TUHAN menyatakan kepada Abraham bahwa keturunannya akan diperbudak oleh bangsa asing sebelum kembali ke Kanaan selama 400 tahun lamanya.
Rencana Tuhan yang penuh damai sejahtera bukanlah damai seperti harapan manusia tetapi damai adalah berdamai dengan Allah terlebih dahulu baru berdamai dengan manusia sekalipun berdamai dengan Allah hadirkan pedang dari orang-orang yang menentang dengan kekerasan saat berdamai dengan Allah.   

Hidup teratur karena TUHAN teratur dalam proses penciptaan langit dan bumi (lihat Kejadian) melampaui batas-batas siklus hidup sementara di bumi. Hidup teratur sesuai hukum TUHAN membawa kita kembali ke rumah Bapa.
Teraturlah untuk hal-hal rohani sesuai aturan main Tuhan yaitu manusia diharapkan hidup dalam iman, pengharapan dan kasih karena Yesus telah menjadikan kita menjadi ciptaan baru di dalam diri-Nya melalui Firman dan Roh Allah serta menjadikan Bapa sebagai pusat ibadah dan penyembahan yang disembah dalam roh dan kebenaran. 
1 Timotius  3:16
 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."
1 Timotius 4:8
Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Teraturlah dalam segala sesuatu terutama hal ibadah baik pribadi maupun berkelompok dalam satu kesatuan tubuh Kristus.

Kasih Karunia TUHAN Setia itulah mengandung rahmat bagi kita yang tidak setia sehingga mustahil hidup teratur dalam hukum-Nya jika tidak setia selalu melakukan hukum Tuhan.

Dalam kesetiaan-Nya dan RahmatNya selalu baru setiap hari secara TERATUR 
maka Tuhan mengatur dalam aturan-Nya agar dapat kembali ke Bapa Sorgawi.


×
Berita Terbaru Update