-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Pahala

Kamis, 25 Mei 2017 | Mei 25, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-08-27T04:14:55Z
Mazmur 58:12 Dan orang akan berkata: "Sesungguhnya ada pahala bagi orang benar, sesungguhnya ada Allah yang memberi keadilan di bumi."

Tuhan menyediakan pahala bagi orang benar karena Allah adalah Mahaadil. Keadilan-Nya memberikan upah bagi orang benar.
Siapakah orang benar? Bukan dalam Ayub 4:17 Mungkinkah seorang manusia benar di hadapan Allah, mungkinkah seseorang tahir di hadapan Penciptanya? Lihat juga Kitab Roma3:10 ditulis : "seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak.
Namun orang yang tidak benar dapat dibenarkan karena Yesus telah menebus dengan darah-Nya dan oleh-Nya kita dibenarkan dan menjadi orang benar. I Petrus 3:18 Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, Penebusan Kristus adalah kepastian keselamatan bagi orang yang beriman / percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat yang datang menyelamatkan manusia. Sebab tidak ada perbuatan yang memadai untuk mendapatkan pahala kepastian selamat hidup kekal dari Allah, dan tidak ada perbuatan mentaati perintah Allah dalam Taurat yang memberikan dasar kepastian selamat untuk hidup kekal.

Perbuatan Yesus yang penuh kasih karunia, itu yang memberikan kepastian selamat.
Bagaimanakah dengan keadilan Allah, bukankah Allah memberikan pahala bagi orang benar dalam pengertian orang yang berusaha hidup benar dalam bimbingan Firman Allah dan Roh Allah? Bandingkan
  • Efesus 6:8 :"Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan" dan
  • Efesus 2:10 :" Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya."

Dimanakah pahala orang benar yakni yang hidup benar? Pahala orang benar antara lain adalah :
  • Daniel 12:3 :"Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya."
  • Matius 10:41,42 :"
    • (41) Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar. 
    • (42) Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya." "
  • Matius 25:37 :"Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum?"
  • Matius 5:11,12 :"
    • (11) Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. 
    • (12) Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.
  • Roma 8:17 :"Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia."
  • Matius 6:20 :"Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya"
Dari keterangan ayat di atas disimpulkan bahwa ada pahala bagi yang berbuat baik dan mengerjakan kehendak Bapa. Pahala bukanlah mendatangkan keselamatan tetapi karena telah menerima keselamatan lalu ada perjuangan melakukan kehendak TUHAN yang telah menebus maka ada pahala yang disediakan TUHAN bagi umat tebusan yang melakukan kehendak TUHAN.
Semua selamat karena anugerah-Nya lewat pengampunan karya penebusan-Nya tetapi pahala sesuai dengan kadar perbuatan yang sesuai dengan kehendak Bapa.