-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Tuhan itu Penebus

Rabu, 10 Mei 2017 | Mei 10, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-08-26T20:40:18Z
Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi --siapakah yang mendampingi Aku? (Yesaya 44:24)

Tuhan menjadikan manusia dengan sungguh amat baik. Manusia diciptakan segambar dan serupa Allah. Manusia tidak berbuat dosa. Tetapi manusia telah kehilangan kemuliaannya dengan melanggar hukum Tuhan. Manusia memakan buah yang dilarang Tuhan atas bujukan ular. Manusia jatuh ke dalam dosa, dan terpisah dari Tuhan Allah yang Mahakudus.

Teks di atas menunjukkan bahwa hanya Tuhan jadi Penebus manusia berdosa. Tidak seorangpun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya, (Mazmur 49-9) karena terlalu mahal harga pembebasan nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-lamanya– (Mazmur 49-10) supaya ia tetap hidup untuk seterusnya, dan tidak melihat lobang kubur.
Mazmur 78:35 mereka teringat bahwa Allah adalah gunung batu mereka, dan bahwa Allah Yang Mahatinggi adalah Penebus mereka.

Tuhan yang membentuk kita sejak dari kandungan ingin bersekutu kembali dengan manusia ciptaan-Nya. Dia menciptakan segala sesuatu untuk dinikmati manusia. Manusia hidup di bumi yang dihamparkan Tuhan dan langit yang dibentangkan agar manusia mengenal Pencipta itu ingin memberikan segala sesuatu yang berharga. Dia ingin menjadi penebus kita.
Berhubungan dengan konsep mengenai penebusan ini, muncul istilah harga tebusan. Yesus membayar harga pembebasan kita dari dosa (Matius 20:28; 1 Timotius 2:6). KematianNya itu untuk menggantikan hidup kita. Kitab Suci amat jelas menyatakan penebusan hanya mungkin terjadi “melalui darahNya,” yaitu melalui kematianNya (Kolose 1:14) Dia menjadi Penebus dosa manusia.
Ditebus itu berarti diampuni, kudus, dibenarkan, diberkati, bebas, diangkat anak, dan didamaikan. Lihat pula Mazmur 130:7-8, Lukas 2:38; dan Kisah Rasul 20:28.

Hanya Tuhan yang sanggup menebus manusia berdosa. Nubuat Kedatangan Penebus. Ratusan tahun sebelum kedatangan Penebus telah diberitahukan:
Yesaya 59:20 Dan Ia akan datang sebagai Penebus untuk Sion dan untuk orang-orang Yakub yang bertobat dari pemberontakannya, demikianlah firman TUHAN.
Penggenapan Nubuat Markus 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” 

Penebus itu mengantikan nyawa manusia berdosa dengan diri-Nya bahkan bangkit dari debu / kematian. Hal ini juga sudah diberitahukan ribuan tahun yang silam sebelum kedatangan Yesus Anak Manusia, Sang Firman yang mengenakan daging. Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu (Ayub 19:25). Dengan demikian PENYALIBAN, PENGUBURAN DAN KEBANGKITAN KRISTUS: adalah merupakan cara bagaimana penebusan itu dilakukan. Penebusan artinya manusia dilepaskan dengan suatu bayaran dari kekuatan gelap dan yang mengungkungnya. Kekuatan gelap yang jahat itu adalah : Iblis, dosa dan maut. Bayaran yang diberikan untuk melepaskan manusia dari kungkungan :Ibllis, Dosa dan maut itu adalah Derita, Penyaliban, Kematian dan Penguburan Kristus.

Manfaat penebusan meliputi
  • hidup kekal (Wahyu 5:9-10)
    • Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu h Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi.
  • pengampunan dosa (Efesus 1:7), 
    • Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,
  • pembenaran (Roma 5:17), 
    • Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus
  • lepas dari kutukan Taurat (Galatia 3:13), 
    • Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!
  • diangkat menjadi anggota keluarga Allah (Galatia 4:5), 
    • Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.
  • bebas dari belenggu dosa (Titus 2:14; 1 Petrus 1:14-18), 
    • yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.
  • didamaikan dengan Allah (Kolose 1:18-20), dan 
    • Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
  • berdiamnya Roh Kudus di dalam diri kita (1 Korintus 6:19-20). 
    • Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Bagaimana menerima Penebusan kristus agar ditebus oleh-Nya dan menerima manfaat penebusan? http://www.tulang-elisa.org menyatakan waktu percaya Tuhan Yesus kita sudah ditebus tuntas, yaitu tubuh nyawa roh kita atau orang dalam dan orang luar, tetapi pelaksanaannya bertahap. Yang pertama adalah tebus roh atau penebusan orang dalam dan yang kedua adalah penebusan orang luar atau nyawa dan tubuh.

Tuhan itu Penebus yang sempurna, tetapi dipihak manusia yang ditebus haruslah percaya kepada Penebusan Tuhan dan setia sampai akhir hidup beriman bahwa Tuhan telah menebus telah membayar lunas segala sesuatu dengan darah-Nya yang mahal..

Surga dipenuhi oleh orang-orang yang dulunya adalah tawanan dosa, yang jelas bukan karena jasa mereka sendiri, mendapatkan pengampunan dan kebebasan. Para budak dosa sekarang menjadi orang-orang suci. Tidak heran mereka menyanyikan nyanyian baru – nyanyian pujian kepada sang Penebus yang telah disembelih (Wahyu 5:9). Kita dulunya adalah hamba dosa, dihukum untuk terpisah selama-lamanya dari Allah. Yesus membayar harga untuk menebus kita, menghasilkan kebebasan kita dari perbudakan dosa, dan menyelamatkan kita dari konsekuensi kekal dosa itu.
×
Berita Terbaru Update