-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Sodom dan Gomora Mendapatkan Pertolongan Allah Melalui Abram

Jumat, 19 Oktober 2018 | Oktober 19, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-22T21:03:29Z
Kejadian 14:20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

Abram prihatin dengan keadaan keponakannya Lot yang memilih Sodom. Sodom sekalipun tempat yang menarik, namun mengalami banyak masalah. Permasalahan itu diantaranya, Sodom adalah daerah taklukkan raja Kedorlaome dan sekutunya.

Daerah yang dianggap makmur menjadi daerah incaran raja-raja yang memiliki kekuatan militer yang kuat dan takluk kepada Kedorlaome serta sekutunya.

Pada tahun ketiga belas penaklukan, maka raja Sodom dan raja sekitarnya yang juga taklukan Kedorlaome dan sekutunya, melakukan pemberontakan. Setahun kemudian Kedorlaome dengan sekutunya menyerang daerah yang memberontak dan terjadi pertempuran di Sidim. Adapun yang melakukan pemberontakan raja Sodom, Gomora, Adma, Zeboim, Bela. [ Kejadian 14:8 Lalu keluarlah raja negeri Sodom, raja negeri Gomora, raja negeri Adma, raja negeri Zeboim dan raja negeri Bela, yakni negeri Zoar, dan mengatur barisan perangnya melawan mereka di lembah Sidim,]

Kedorlaome dan sekutunya berhasil menumpas pemberontak dan mengangkut segala sesuatu yang dapat dibawa, termasuk Lot dan keluarganya, yang menyebabkan Abram mengerahkan orang yang terlatih berperang untuk berperang dengan Kedorlaome serta pasukannya dengan tujuan membebaskan Lot keponakannya.

Pasukan Abram dapat mengalahkan pasukan Kedorlaome dan membebaskan Lot dan keluarganya, serta orang yang ditawan bersamanya. Abram melakukan hal itu berhasil karena pertolongan dari TUHAN ALLAH.

Abram melakukan syukur atas kemenangan yang diraih dan memberikan persepuluh dari miliknya, sekalipun ia tidak mengambil barang rampasan perang sedikitpun. Kemenangan perang tidaklah membuat tertarik mengambil keuntungan secara ekonomi bagi dirinya dan mengerjakan dengan sukarela karena Lot keponakannya.

Abram tidak larut dengan tawaran dari raja Sodom yang mendapatkan kemenangan tak terduga setelah alami kekalahan karena secara tiba-tiba Abram terlibat dalam konflik tersebut. Segala tawaran raja Sodom tidak ditanggapi oleh Abram.

Pemberian perpuluhan yang dilakukan Abram adalah sebagai ucapan syukur atas pertolongan Tuhan yang memberikan kemenangan dan menbawa kembali Lot kepada kehidupan sebagai orang merdeka.



×
Berita Terbaru Update