-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Tuhan Sang Pelindung

Jumat, 07 Desember 2018 | Desember 07, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-20T21:41:16Z
Yohanes 17:15 ~> Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.

Teks di atas adalah pembicaraan Yesus Kristus dengan Bapa dimana Yesus sang Firman yang menjadi manusia meminta kepada Bapa agar Bapa tidak mengambil mereka yaitu para murid dan mereka yang menerima Yesus Kristus sebagai Mesias yang hidup seperti yang pernah dialami oleh Henokh dan Elia, serta atau meninggal sebelum waktunya.

Perlindungan Tuhan bagi para murid Kristus yang diutus seperti domba ke tengah-tengah serigala adalah sesuatu yang mutlak diperlukan agar mereka bertahan dan tetap percaya serta setia sekalipun harus menyebar ke luar negeri / luar daerah karena timbulnya penganiayaan. Mudah bagi Allah untuk menghapus umat-Nya sekaligus membawa ke surga, tetapi lebih baik bagi mereka untuk tetap, dan menunjukkan kekuatan kesaksian tentang kebenaran dalam di lingkungan dan untuk menyebarkan injil di antara manusia.

Tuhan itu pelindung karena Tuhan mampu melindungi para murid-Nya dari si jahat yaitu Iblis, atau dari kejahatan pada umumnya yaitu, dari kemurtadan, dari tenggelam dalam pencobaan. Melindungi mereka dari kejahatan itu, atau memberikan rahmatnya sehingga mereka dapat menanggung segala pencobaan dan dipertahankan di tengah mereka. Lihat catatan di Matius 6:13.

Clarke's Commentary on the Bible memberi catatan terhadap perlindungan TUHAN yang diberikan kepada para murid-Nya adalah :
  • Kristus tidak menginginkan bahwa rasul yang setia harus segera mati, dan akan dibawa ke rumah Bapa, melainkan mereka dapat hidup lama, mengerjakan pekerjaan yang dianugerahkan kepadanya, dan berbuah lebat.
  • Sekalipun mereka harus mengasingkan diri dari dunia dengan pergi ke padang gurun, atau ke serambi, tetapi bahwa mereka harus terus di dalam dan di antara dunia, bahwa mereka mungkin memiliki kesempatan untuk merekomendasikan keselamatan Allah.
  • Kristus hanya meminta bahwa sementara mereka berada di dunia, berada dalam pekerjaan pelayanan, mereka dapat dipertahankan dari pengaruh, (του πονηρου), si jahat, iblis, yang terakhir (saat itu) masuk ke dalam Yudas, Yohanes 13:27. Iblis ingin masuk serta merasuk dalam kehidupan para murid-murid Yesus, dan dan siapa yang akan berusaha merusak jiwa mereka, dan menghancurkan pekerjaan dan kehidupan mereka.
Perlindungan Tuhan kepada umat-Nya bukanlah, semata-mata perlindungan dari pekerjaan Iblis semata namun perlindungan yang menyeluruh meski dalang dari segala sesuatu yang merusak adalah Iblis yang menaburkan kesia-siaan yang dikerjakan oleh diri iblis dan atau dengan melibatkan pihak diluar iblis yang menjadi hamba dosa termasuk fasilitas yang ditawarkan setan. Perlindungan Tuhan ada untuk setiap bentuk aneka kejahatan sehingga memiliki umur yang cukup memadai untuk melakukan pekerjaan yang ditentukan Bapa sehingga hasilkan buah berdasarkan kasih karunia yang khusus kepada para murid-Nya sesuai kedaulatan-Nya.

Perlindungan Tuhan yang memungkin hidup dapat lebih lama, karena Tuhan sang Pelindung itu mengerjakan antara lain :
  • Amsal 22:22,23 ~> Janganlah merampasi orang lemah, karena ia lemah, dan janganlah menginjak-injak orang yang berkesusahan di pintu gerbang.(23) Sebab TUHAN membela perkara mereka, dan mengambil nyawa orang yang merampasi mereka.
  • 2 Samuel 22:49 ~> dan yang telah membebaskan aku dari pada musuhku. Dan Engkau telah meninggikan aku mengatasi mereka yang bangkit melawan aku; Engkau telah melepaskan aku dari para penindas.
  • Yoel 3:16 ~> TUHAN mengaum dari Sion, dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya, dan langit dan bumi bergoncang. Tetapi TUHAN adalah tempat perlindungan bagi umat-Nya, dan benteng bagi orang Israel.
Karena Tuhan ada Sang Pelindung, maka sebagai domba yang diutus di tegah kawanan serigala, harus tulus tulus seperti merpati dan cerdik seperti ular dengan memperhatikan firman-Nya, antara lain :
  • Mazmur 37:39 ~> Orang-orang benar diselamatkan oleh TUHAN; Ia adalah tempat perlindungan mereka pada waktu kesesakan;
  • Amsal 2:7,8 ~> Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya, (8) sambil menjaga jalan keadilan, dan memelihara jalan orang-orang-Nya yang setia
  • Amsal 10:29 ~> Jalan TUHAN adalah perlindungan bagi orang yang tulus, tetapi kebinasaan bagi orang yang berbuat jahat.
  • Amsal 14:26 ~> Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya.
  • Amsal 24:17,18 ~> Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok, (18) supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu
  • Zefanya 3:12 ~> Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN
  • Efesus 6:13-18 ~> Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus
Pemazmur dengan pewahyuan dari Tuhan melukiskan Tuhan Sang Pelindung itu dengan baik, yaitu : Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai." Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok. Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang. Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu. Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik. Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu. Singa dan ular tedung akan kaulangkahi, engkau akan menginjak anak singa dan ular naga. "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku." ( Mazmur 91)

Tuhan adalah Sang Pelindung. Percaya bahwa Tuhan sanggup dan berkuasa melindungi kita jika dipandang TUHAN adalah sesuatu yang perlu mendapat perlindungan. Tuhan adalah pelindung adalah percaya bahwa kehidupan telah diatur oleh TUHAN dan umur hidup kita berada ditangan TUHAN, dan TUHAN sendiri yang menentukan usia hidup yang harus dijalani. Perlindungan TUHAN terkadang bukanlah perlindungan yang seperti yang kita harapan, sebab inti perlindungan TUHAN agar menghasilan kemuliaan bagi kemuliaan nama-NYA yang melebihi hidup, sebelum menikmati keabadian kemuliaan-Nya dalam kerajaan sorga kelak dimana perlindungan TUHAN Yang Sempurna dirasakan, Rumah Bapa yang bahagia.

×
Berita Terbaru Update