-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Rahasia Yesus sebagai Alfa dan Omega

Senin, 22 Juli 2019 | Juli 22, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-18T20:28:31Z

Wahyu 22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."

Pernyataan Aku adalah Alfa dan Omega adalah kali yang ketiga yang tertulis dalam Kitab Wahyu, sebelumnya pengakuan bahwa Yesus adalah Alfa dan Omega tercatat dalam:
  1. Wahyu 1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
  2. Wahyu 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.
Sebuah pewahyuan yang menegaskan dan memproklamasikan diri-Nya adalah Alfa dan Omega sampai tiga kali menandakan hal ini sangat penting dan patut diperhatikan dengan serius.

Jika menyimak Alfa dan Omega dalam teks Wahyu 1:8 dikaitkan dengan pernyataan Yang Mahakuasa yang menunjukkan sebagai Yang Mahakuasa sedangkan dalam Wahyu 21:6 menyatakan bahwa DiriNya adalah yang menjadikan sesuatu yang baru di langit yang baru dan bumi yang baru dimana Dia sumber dan pemberi air kehidupan serta di Wahyu 22:13 berhubungan dengan Yesus membawa upah untuk membalaskan setiap orang menurut perbuatannya yaitu pohon kehidupan bagi yang membasuh jubahnya sehingga bersih olehNya.

Alpha dan Omega adalah huruf pertama dan huruf terakhir dari abjad Yunani. Di antara para rabi Yahudi, merupakan hal yang biasa untuk menggunakan huruf pertama dan huruf terakhir dari abjad Ibrani untuk menunjukkan keseluruhan dari apapun, dari awal sampai akhir sedangkan dalam Kitab Wahyu dipakai untuk menunjukkan:
  • Yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang.
  • Yang pertama dan yang kemudian, yang awal dan yang akhir
Konsep pemikiran Alfa dan Omega sudah terdapat dalam Perjanjian Lama yang menunjuk kepada Allah.

Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

Yesaya 48:12 "Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!

Kitab Yesaya yang menunjukkan yang terdahulu (Alfa) dan yang terkemudian (Omega) adalah sosok yang dinamakan:
  • Raja dan Penebus Israel.
  • Tuhan semesta Allah
  • Yang tetap sama / tidak berubah.
Alfa dan Omega dalam Perjanjian Lama merujuk kepada:
  • TUHAN yang telah ada sejak kekekalan ( הָיָה - HAYAH), 
  • TUHAN yang sekarang ada ( הוֹוֶה - HOVEH) yang bertakhta sebagai Raja ( מֶלֶךְ - MELEKH), 
  • TUHAN yang akan selalu ada selama-lamanya ( יִהְיֶה - YIH'YEH).
Dan dikenal sebagai TUHAN ( YHWH / Yahweh) dan di Kitab Wahyu adalah Yesus sehingga Yesus adalah Firman (YHWH) yang mengenakan daging dan serupa dengan manusia. ( Yohanes 1:14).

Yesus adalah Alfa berarti Dia sudah ada, yang pertama, yang awal dan yang terdahulu bermakna sebagai Pencipta yang mengadakan segala sesuatu. Yesus sebagai Pencipta sudah tertulis dalam Injil Yohanes 1:1-3 yang berbunyi: Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
Yesus Alfa berarti Yesus adalah Tuhan Pencipta yang mula mula ada sebelum ada sesuatu.

Yesus adalah Omega berarti Dia yang terkemudian, yang terakhir dan yang akan ada di masa mendatang hingga kekekalan sebab Dia adalah Tuhan Allah Yang Kekal yang tetap sama tidak berubah sebab konsisten. Yesus kekal tidak berubah itu tertulis dalam:
  • Ibrani 1:12 seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka, dan seperti persalinan mereka akan diubah, tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan."
  • Ibrani 13:8 Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.
Dia yang datang dari Surga, dan kembali ke Surga (Yohanes 8:23) dan terus hidup disana, karena di Surga tidak ada unsur kematian. Dia tetap untuk selamanya ( Ibrani 1:8)

Yesus Alfa dan Omega karena Dia adalah Yang Hidup selama lamanya dan memberikan hidup kekal bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya dengan menyediakan air kehidupan dan pohon kehidupan di dalam langit yang baru dan bumi yang baru.

Wahyu 1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Sebagaimana Kitab Wahyu sampai mengulang tiga kali pernyataan Yesus adalah Alfa dan Omega maka itu mengajak  kita terus memberitakan kepada dunia bahwa Tuhan Yesus adalah Pencipta yang tidak berubah (konsisten), kekal dan berkuasa serta dapat membawa kita masuk kerajaan sorga.
×
Berita Terbaru Update