-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Penghormatan Kepada Allah

Senin, 09 September 2019 | September 09, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-10T21:15:39Z

Sebab itu--demikianlah firman TUHAN, Allah Israel--sesungguhnya Aku telah berjanji: Keluargamu dan kaummu akan hidup di hadapan-Ku selamanya, tetapi sekarang--demikianlah firman TUHAN--:Jauhlah hal itu dari pada-Ku! Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah. 1 Samuel 2:30

Iman Eli adalah keturunan Harun yang telah mendapat janji dari TUHAN bahwa untuk selama-lamanya akan menjadi imamsecara turun temurun. ( Keluaran 29:9 Kauikatkanlah ikat pinggang kepada mereka, kepada Harun dan anak-anaknya, dan kaulilitkanlah destar itu kepada kepala mereka, maka merekalah yang akan memegang jabatan imam; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya. Demikianlah engkau harus mentahbiskan Harun dan anak-anaknya.) Iman Eli yang mendapatkan janji Tuhan mengalami sesuatu keadaan yang berlawanan dimana keluarga imam Eli habis terbunuh karena tidak menghormati Tuhan (ayat 34, bandingkan dengan 4:11,17) yang dilanjutkan pembantaian imam di Nob ( pasal 22:6-23).
Bukankah mengormati Tuhan adalah sesuatu ketetapan bagi umatNya? (Ulangan 32:3 Sebab nama TUHAN akan kuserukan: Berilah hormat kepada Allah kita,) Bukankah sejarah telah mencatat bahwa tidak menghormati Tuhan mendapatkan hukuman? (Ulangan 32:51 oleh sebab kamu telah berubah setia terhadap Aku di tengah-tengah orang Israel, dekat mata air Meriba di Kadesh di padang gurun Zin, dan oleh sebab kamu tidak menghormati kekudusan-Ku di tengah-tengah orang Isral.
Contoh lainnya yang tidak hormat kepada Tuhan Allah antara lain:
  • Akhan (Yosua 7:19)
  • Raja Uzia (2 Tawarikh 26:18)
  • Herodes (KIsah Para Rasul 12:23)
Eli sekeluarga dianggap tidak menghormati TUHAN bukan tidak percaya kepada Tuhan Allah yang Mahakuasa, adil, kudus dan lain lainnya. Eli hanya saja tidak merasakan Allah itu relevan dan nyata dibandingkan dengan keberadaan anak-anaknya sehingga membiarkan mengambil bagian yang dikhususkan bagi Tuhan bagi dirinya dan keluarga. (1 samuel 2:29 Mengapa engkau memandang dengan loba kepada korban sembelihan-Ku dan korban sajian-Ku, yang telah Kuperintahkan, dan mengapa engkau menghormati anak-anakmu lebih dari pada-Ku, sambil kamu menggemukkan dirimu dengan bagian yang terbaik dari setiap korban sajian umat-Ku Israel?) Bandingkan dengan Maleakhi 2:2 Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan

Tidak menghormati Tuhan berarti memilih menyakiti hati-Nya dapat menyebabkan tulah (Mazmur 106:29) Tulah dalam kasus Baal-Peor dimana bangsa Israel itu berzina dengan perempuan-perempuan Moab. Perempuan-perempuan ini mengajak bangsa itu ke korban sembelihan bagi allah mereka, lalu bangsa itu turut makan dari korban itu dan menyembah allah orang-orang itu sehingga datang tulah. Orang yang mati karena tulah itu ada 24.000 orang banyaknya. Pinehas berdiri dan menjalankan hukum, maka berhentilah tulah itu.

Imam Eli mengajarkan kita untuk menghormati Tuhan Allah. Alasan menghormati TUHAN, antara lain adalah:
  1. 1 tawarikh 29:11 Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.
  2. Wahyu 4:11 "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."
  3. 1 Timotius 1:17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.
Penghormatan kepada Allah harus disertai dengan penghormatan kepada Yesus Kristus. ( Yohanes 5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.). Penghormatan kepada Yesus dilakukan sejajar dengan penghormatan ke Bapa dalam kerajaan surga yang kekal dan mulia.
  • Wahyu 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"
  • Wahyu 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
Hormat kepada Tuhan dapat dilakukan antara lain dengan :
  1. Menjaga lidah / bibir/ perkataan terhadap Tuhan (Ayub 1:22)
  2. Mengucap syukur kepada Tuhan (Mazmur 50:23)
  3. Dengan mulut yang memuji pujian dan hormat (Nehemia 9:5; Mazmur 71:8; Yesaya 42:12; Wahyu 7:12)
  4. Hati yang mengasihi Tuhan (Yesaya 29:13)
  5. Memberikan korban persembahan yang terbaik (Maleakhi 1:6-8)
  6. Setia kepada pasangan hidup. (Maleakhi 2:13-16)
  7. Hidup gembira dalam Tuhan (Mazmur 37:4)
  8. Takut akan Tuhan (Maleakhi 1:6)
  9. Melakukan apa yang benar di mata Tuhan (2 Tawarikh 26:4)
Menghormati Tuhan tidak hanya dilakukan oleh umat pilihanNya melainkan untuk semua orang. Orang Filistin yang merampas tabut Tuhan menderita sakit akibat hajaran Tuhan maka Bangsa Filistin itu menghormati Tuhan yang hadir dalam tabutNya sehingga tabut itu dikembalikan ke Israel dengan memberikan persembahan sebagai ungkapan rasa hormat kepada Allah Israel ( 1 Samuel 6:3-12 ) Sikap orang Filistin berdampak terjadinya kesembuhan atas borok borok dan lenyapnya hama tikus yang menyerbu ladang pertanian mereka.

Hormat kepada Tuhan Allah yang tidak kelihatan adalah sesuatu yang mendatangkan berkat. Teks di atas menyatakan siapa yang menghormati AKU (Tuhan) akan Kuhormati. Janji Tuhan kepada orang yang menghormati Tuhan diantaranya:
  • Mazmur 50:23 Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya."
  • Mazmur 91:15 Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.
  • Amsal 8:17 Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku.
Kita menghormati TUHAN karena DIA Mahaadil dan itu sering keluar dari mulut kita tetapi perbuatan kita mendatangkan hukuman Tuhan karena Tuhan Mahaadil. (Yesaya 24:16 Dari ujung bumi kami dengar nyanyian pujian: "Hormat bagi Yang Mahaadil!" Tetapi aku berkata: "Kurus merana aku, kurus merana aku. Celakalah aku! Sebab para penggarong menggarong, ya, terus-menerus mereka melakukan penggarongannya!") Karena Mahaadil, hormat kita kepada Tuhan tidaklah cukup dari mulut saja tetapi juga hati dan perbuatan kita.
Dia Tuhan yang harus kita hormati sampai selama-lamanya. BagiNya puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan. Amin.



Tulisan lainnya:
Hormat Terhadap Orang Tua
Yesus, Kehormatan dalam Keyakinan Yahudi
Tuhan Allah Adalah Pencipta
Menghargai Sesama Adalah Kebahagiaan
Esensi Hadirat TUHAN
Mendidik Takut Tuhan


×
Berita Terbaru Update