-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Saat Kena Fitnah

Kamis, 02 April 2020 | April 02, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-27T12:18:06Z
Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu--namun engkau kaya--dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis. Wahyu 2:9

Teks di atas adalah Firman yang disampaikan kepada jemaat Smirna. Smirna adalah kota besar saat itu tetapi orang percaya mengalami kesusahan dan kemiskinan karena terjadi aniaya dan difitnah sedemikian rupa. Banyak yang jadi martir karena fitnah sebagai puncak tekanan yang menekan. Alkitab menyatakan yang melakukan aniaya adalah orang yang mengaku Yahudi sebagai umat Allah, tetapi sebenarnya tidak. Difitnah yang berakhir kepada pembunuhan yang kadangkala dibenarkan oleh hukum yang berlaku.

Fitnah (perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang) selain dapat menyebabkan  pembunuh tetapi fitnah juga menyebabkan:
  • Menceraikan sahabat. Amsal 16:28 Orang yang curang menimbulkan pertengkaran, dan seorang pemfitnah menceraikan sahabat yang karib.
  • Pertengkaran. Amsal 26:20 Bila kayu habis, padamlah api; bila pemfitnah tak ada, redalah pertengkaran
Dalam Alkitab ada sejumlah kisah umat Tuhan di fitnah yang berujung kepada usaha membunuh. Ada yang berhasil dibunuh dan yang gagal. Misal:
  • Musuh-musuh Daud tetapi TUHAN menolong Daud dan menjadi raja yang berkemenangan.
    Mazmur 31:13 Sebab aku mendengar banyak orang berbisik-bisik, --ada kegentaran dari segala pihak! --mereka bersama-sama bermufakat mencelakakan aku, mereka bermaksud mencabut nyawaku.
  • Musuh-musuh Stefanus yang memfitnah yang menyebabkan Stefanus meninggal
    Kisah Para Rasul 6:11-12 Lalu mereka menghasut beberapa orang untuk mengatakan: "Kami telah mendengar dia mengucapkan kata-kata hujat terhadap Musa dan Allah." Dengan jalan demikian mereka mengadakan suatu gerakan di antara orang banyak serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat; mereka menyergap Stefanus, menyeretnya dan membawanya ke hadapan Mahkamah Agama.
George Junius Stinney, Jr. (21 Oktober 1929 – 16 Juni 1944) dihukum mati di Amerika Serikat pada abad ke-20 di kursi listrik. Pada saat itu usianya baru 15 tahun. G.J. Stinney,Jr dituduh pembunuhan tingkat pertama terhadap dua pemudi berkulit putih pra-remaja: Betty June Binnicker yang berusia 11 tahun, dan Mary Emma Thames yang berusia 8 tahun. George menghabiskan 81 hari di penjara tanpa bisa melihat orang tuanya. Dia ditahan sendirian, 128 km dari kotanya. menangis sendiri tanpa kehadiran orang tuanya bahkan seorang pengacara. Dia disengat listrik dengan 5,380 volt di kepalanya, bayangkan tegangan listrik itu di kepala seorang remaja.
70 tahun kemudian, kasusnya terungkap. Geoge tidak bersalah dan dibuktikan oleh seorang hakim di South Carolina. Anak lelaki itu tidak bersalah, ada orang yang sengaja mengaturnya dan menyebarkan berita palsu untuk menyalahkannya, hanya karena keluarga mereka berkulit hitam.

Alkitab memuat sejumlah nasihat jika kita difitnah, antara lain:
  • 1 Korintus 4:13 kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah; kami telah menjadi sama dengan sampah dunia, sama dengan kotoran dari segala sesuatu, sampai pada saat ini.
  • 1 Petrus 2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.
  • 1 Petrus 3:16 dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu.
Kisah Yusuf di rumah Potifar menyimpan cerita menarik tentang fitnah. Istri Potifar yang diduga kesepian mengajak Yusuf melakukan hubungan suami-istri yang ditolak oleh Yusuf. Yusuf terpaksa lari dan melepaskan pakaiannya akibat bujuk dan cengkraman istri Potifar yang berdasarkan midrash Sefer haYashar bernama Zuleikha. Larinya Yusuf dari kamar membuat heboh dan berlanjut dengan fitnah dari istri Potifar bahwa Yusuf hendak "mengauli / memperkosa". Berita ini sampai kepada Potifar sehingga Yusuf dimasukkan ke dalam penjara Firaun.

Yusuf masuk ke dalam penjara tidak membuat persekutuan dengan TUHAN terganggu sebab diduga Yusuf tidak menyalahkan TUHAN atas terjadinya peristiwa buruk, di fitnah oleh istri Potifar. Di dalam penjara penyertaan Tuhan tetap hadir sehingga dipercaya oleh kepala penjara untuk mengurus para tahanan. Di penjara bertemu dengan juru minum dan juru roti raja yang alami mimpi dan Yusuf dapat menafsirkan mimpi. Penafsiran mimpi sangat tepat namun dilupakan oleh juru minum tetapi saat Firaun gelisah dengan mimpi yang dialaminya maka juru minum ingat Yusuf dan Yusuf bertemu dengan Firaun dan kembali menafsirkan mimpi serta memberi solusi terhadap masalah yang akan dihadapi yang menyebabkan jadi mangkubumi di Mesir.

Yusuf berpendapat bahwa sekalipun sekeliling mereka-rekakan yang buruk tetapi Tuhan Allah mereka-reka yang baik. Fitnah tidak membuat Yusuf terganggu kepribadiannya dan tata nilai kehidupan. Yusuf tetap ramah dan melakukan yang terbaik untuk orang-orang sekelilinya sehingga suatu hari dimana TUHAN mengangkatnya menjadi wakil raja Firaun dan mengatasi bencana kelaparan yang melanda di Mesir termasuk saudara-saudaranya.

Kisah Yusuf sesuatu kisah yang enak di dengar karena berakhir dengan menyenangkan. Bagaimana dengan Yesus dan atau Stefanus yang akibat fitnah harus mati dianiaya? Mungkin sejumlah orang mengatakan:
  • Yesus sebagai Mesias memang harus mati dan bangkit untuk mengenapi janji TUHAN kepada manusia sesuai dengan kitab suci dan jalannya harus melalui fitnah dari luar dan pengkhianatan dari dalam
  • Stefanus berbahagia karena sesuai dengan Matius 5:11 Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Surga tersedia bagi mereka yang difitnah segala yang jahat karena nama TUHAN.
Bagaimana jika difitnah sebab diluar "Injil Kristus difitnah" hingga harus meninggal seperti yang dialami George Junius Stinney, Jr karena ia berkulit hitam keturunan Afrika?

Stefanus seperti Yesus yang mengampuni mereka yang membunuh dirinya tanpa alasan yang sah. Kisah Para Rasul 7:60 Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!" Dan dengan perkataan itu meninggallah ia. Mengampuni adalah standar dari kerajaan Allah. ( lihat Matius 6:14-15 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.") Bagaimana Goorge Stinney memahami hal ini jika seluruh orang disekelilingnya tidak membimbing dengan benar dan mengajarkan sebagaimana telah diampuni oleh Kristus Yesus maka sekalipun tidak melakukan pembunuhan harus belajar mengampuni mereka yang bersalah memfitnah dan menuduh dengan rekayasa agar mengalami kematian?

Iblis memiliki sifat memfitnah sebab ia mendakwa siang dan malam orang banyak di muka bumi. Dari dakwaan iblis menjadikan sejumlah orang menang terhadap fitnah yang dilontarkan iblis, yaitu mereka yang menang adalah mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut. ( Wahyu 12:10-11) Sifat iblis ditiru oleh orang jahat dan orang munafik serta hidup dalam dosa sehingga orang orang kudus banyak yang kena fitnah. Bagaimana gereja Tuhan menyingkap fenomena banyaknya orang yang kena fitnah karena Iblis ingin mencuri, membunuh dan membinasakan banyak orang di muka bumi? Hal seperti itu dilakukan terhadap misalnya terhadap George Junius Stinney, Jr

Gereja dan orang percaya seharusnya tidak menjadi penyebar fitnah sebab hal itu dibenci Tuhan dan dilarang serta ditebus dari segala kesia-siaan. Mengenali tipu daya iblis dalam melakukan fitnah adalah penting sehingga tidak menyebarkan segala fitnah yang dilontarkan seseorang. Petrus menasihatkan untuk buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah. (1 Petrus 2:1)

Menolong korban fitnah agar dapat mengatasi fitnah yang dihadapinya juga sesuatu yang mendesak terlebih lebih jika kasusnya masuk ranah pengadilan dan pengadilan mengambil keputusan yang salah sehingga sah menurut hukum mendapatkan suatu hukuman yang seharusnya tidak diterima.

Saat kena fitnah ingat bahwa dunia ini jahat dan menuju kebinasaan yang ingin membinasakan banyak orang. Yesus telah telah mati melepaskan kita dari dosa dan memberikan kekuatan untuk percobaan misal fitnah yang dialami.
Bersyukurlah dan jadikan Yesus teladan yang dapat hadapi fitnah dan pengkhianatan sebab ada upah di surga bagi yang mengampuni yang bersalah dan tetap berbuat baik. "(Matius 5:11-12; Roma 12:21)


Premium WordPress Apps

Tulisan lainnya:
Snob Orang Yang Berlagak tahu
Berjuang Melawan Iri Hati
Tinjauan Terhadap Perkataan Kotor
Berkat Ketulusan hati
Jujur
Ramah Berdasarkan Alkitab


×
Berita Terbaru Update