-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Firman TUHAN

Senin, 04 Mei 2020 | Mei 04, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-19T21:05:10Z
Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi. Lukas 24:27

Ketika Yesus menampakkan diri di jalan ke Emaus kepada Kleopas atau Alfeus dan temannya yang sedang bercakap-cakap tentang peristiwa kematian dan kubur Yesus yang kosong, maka Yesus menerangkan nubuat tentang DIA menurut Kitab Suci, dari Musa sampai para nabi yang bicara tentang Mesias yang harus menderita, mati dan bangkit. Yesus Kristus bukan hanya mengakui kebenaran Kitab Suci tetapi juga mengajar mengunakan Kitab suci

Kitab Suci yang bernubuat tentang Kristus / Mesias adalah diilhamkan Roh Allah kepada orang pilihan-Nya sehingga Kitab Suci adalah Firman Allah hasil pekerjaan TUHAN sendiri melalui orang-orang yang digerakkan membukukan segala sesuatu yang diilhamkan tersebut (2 Petrus 1:21 ➟ sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah)

Firman Allah mencatat semua nubuat ilahi hasil dari karya Roh Kudus sehingga orang-orang berbicara atas nama Allah yang meneguhkan iman. Petrus menyatakan bahwa: "Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Firman TUHAN berisi berita Injil sebab itu yang dijanjikan-Nya dengan perantara nabi-nabi-Nya dalam kitab-kitab suci (Roma 1:2). Injil bukanlah suatu pemikiran susulan dari Allah, melainkan suatu rencana abadi yang memang dimaksudkan oleh Allah. Khotbah-khotbah awal di kitab Kisah para Rasul (kerigma ) penyatakan bahwa Yesus adalah penggenapan dari nubuatan dan janji-janji dalam Perjanjian Lama.

Firman TUHAN yaitu Alkitab dinamai dengan:
  • Firman ⇌ Yakobus 1:21 ↦ Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
  • Perkataan Kristus ⇌ Kolose 3:16 ↦ Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.
  • Firman kebenaran ⇌ Yakobus 1:18 ↦ Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.
  • Kitab-kitab suci ⇌ 2 Timotius 3:15 ↦ Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
  • Kitab kebenaran ⇌ Daniel 10:21 ↦ Namun demikian, aku akan memberitahukan kepadamu apa yang tercantum dalam Kitab Kebenaran. Tidak ada satupun yang berdiri di pihakku dengan tetap hati melawan mereka, kecuali Mikhael, pemimpinmu itu,
  • Kitab nubuat ⇌ Wahyu 22:19 ↦ Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.
  • Kitab Tuhan ⇌ Yesaya 34:16 ↦ Carilah di dalam kitab TUHAN dan bacalah: Satupun dari semua makhluk itu tidak ada yang ketinggalan dan yang satu tidak kehilangan yang lain; sebab begitulah perintah yang keluar dari mulut TUHAN, dan Roh TUHAN sendiri telah mengumpulkan mereka.
  • Kitab Taurat ⇌ Nehemia 8:3 ↦ Lalu pada hari pertama bulan yang ketujuh itu imam Ezra membawa kitab Taurat itu ke hadapan jemaah, yakni baik laki-laki maupun perempuan dan setiap orang yang dapat mendengar dan mengerti.
  • Taurat Tuhan ⇌ Mazmur 1:2 ↦ tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam
  • Pedang Roh ⇌ Efesus 6:17 ↦ dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
Firman TUHAN dinyatakan sebagai:
  • Murni.⇌ Amsal 30:5 ↦ Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya.
  • Benar.⇌ Mazmur 119:160 ↦ Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya. < /li>
  • Sempurna.⇌ Mazmur 19:8 ↦ Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.
  • Indah.⇌ Mazmir 19:11 ↦ lebih indah dari pada emas, bahkan dari pada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah.
  • Hidup dan kuat.⇌ Ibrani 4:12 ↦ Sebab firman Allah hidup j dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
Tuhan Yesus melalui perumpamaan orang kaya dan Lazarus menyatakan bahwa Firman TUHAN sempurna dan cukup menjadi kesaksian bagi manusia selama berada di bumi. (Lukas 16:29,31)

Firman Allah, Alkitab adalah pimpinan yang tidak pernah salah dan mengajar serta memperbaiki kelakuan. Firman TUHAN memberi hikmat yang menuntun kepada keselamatan oleh iman kepada Yesus. ( 2 Timotius 3:15 ↦ Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.)

Firman TUHAN mencatat kisah kehidupan umat pilihan Allah masa lampau yang menjadi pelajaran bagi kita. Sejak Musa menulis Kitab Taurat tahun 1400 SM sampai Rasul Yohanes penulis Kitab Wahyu tahun 90 Masehi memuat aneka peristiwa penting dan berharga. ( Bandingkan Roma 15:4 ↦ Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.)

Alkitab sebagai Firman Allah, adalah Kitab Suci yang ditujukan kepada seluruh bangsa di muka bumi sehingga Alkitab diterjemahkan ke berbagai macam bahasa di dunia ( Roma 16:26 ↦ tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Allah yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman--)

Firman TUHAN adalah kesatuan yang utuh sehingga satu bagian Alkitab harus dibandingkan dengan yang lain dan tidak boleh ditambah dan atau dikurangi. (1 Korintus 2:13 dan Wahyu 22:18,19)

Alkitab, Firman TUHAN dijadikan TUHAN Allah untuk manusia agar:
  • Membaharui hati manusia.⇌ 1 Petrus 1:23 ↦ Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.
  • Menghidupkan.⇌ Mazmur 119:50 ↦ Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku.
  • Memberi peringatan.⇌ Mazmur 119:130 ↦ Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh
  • Menyegarkan jiwa.⇌ Mazmur 19:8 ↦ Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.
  • Memberikan hikmat kepada orang yang tidak berpengalaman.⇌ Mazmur 19:8 ↦ Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.<
  • Menguduskan.⇌ Yohanes 17:17 ↦ Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
  • Menimbulkan iman.⇌ Yohanes 20:31 ↦ tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
  • Menimbulkan pengharapan.⇌ Mazmur 119:49 ↦ Ingatlah firman yang Kaukatakan kepada hamba-Mu, oleh karena Engkau telah membuat aku berharap
  • Menimbulkan ketaatan.⇌ Ul 17:19,20 ↦ Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya, supaya jangan ia tinggi hati terhadap saudara-saudaranya, supaya jangan ia menyimpang dari perintah itu ke kanan atau ke kiri, agar lama ia memerintah, ia dan anak-anaknya di tengah-tengah orang Israel."
  • Menyucikan hati.⇌ Yohanes 15:3 ↦ Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
  • Menjaga kelakuan.⇌ Mazmur 119:9 ↦ Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.
  • Menjauhkan kita dari jalan kebinasaan.⇌ Mazmur 17:4 ↦ Tentang perbuatan manusia, sesuai dengan firman yang Engkau ucapkan, aku telah menjaga diriku terhadap jalan orang-orang yang melakukan kekerasan;
  • Memeliharakan hidup.⇌ Matius 4:4 ↦ Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."
  • Memberi pertumbuhan di dalam kasih karunia.⇌ 1 Petrus 2:2 ↦ Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,
  • Membangun iman.⇌ Kisah Para Rasul 20:32 ↦ Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.
  • Menasihatkan.⇌ 1 Korintus 10:11 ↦ Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.
  • Menghiburkan.⇌ Mazmur 119:82 ↦ Habis mataku merindukan janji-Mu; aku berkata: "Bilakah Engkau akan menghiburkan aku?"
  • Menggirangkan hati.⇌ Mazmur 119:111 ↦ Peringatan-peringatan-Mu adalah milik pusakaku untuk selama-lamanya, sebab semuanya itu kegirangan hatiku.
Firman TUHAN akan membuahkan hasil jika kita percaya, sebab bekerja di dalam hati orang percaya. (1 Tesalonika 2:!3)

Tidak mengerti Firaman TUHAN menyebabkan kesesatan, seperti penduduk Yerusalem dan pemimpin-pemimpinnya yang menolak Yesus sebagai Mesias dengan menjatuhkan hukuman mati. Tindakan mereka mengenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat (Kisah Para Rasul 13:27) Untuk mengerti Firman Allah perlu pertologan Kristus Yesus dan Roh Kudus. (Lukas 24:45; Yohanes 16:13)

Firman TUHAN seharusnya menjadi:
  1. Menjadi pedoman pengajaran.⇌ 1 Petrus 4:11 ↦ Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.
  2. Dipercayai.⇌ Yohanes 2:22 ↦ Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.
  3. Dibacakan.⇌ Ulangan 17:19 ↦ Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya,
  4. Dibacakan di depan seluruh orang.⇌ Ulangan 31:11 ↦ apabila seluruh orang Israel datang menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya, maka haruslah engkau membacakan hukum Taurat ini di depan seluruh orang Israel.
  5. Dikenal⇌ 2 Timotius 3:15 ↦ Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus
  6. Diterima, bukan sebagai perkataan manusia, melainkan sebagai firman Allah.⇌ 1 Tesalonika 2:13 ↦ Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi--dan memang sungguh-sungguh demikian--sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.
  7. Diterima dengan lemah lembut.⇌ Yakobus 1:21 ↦ Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
  8. Diselidiki setiap hari.⇌ Kisah Para Rasul 17:11 ↦ Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.
  9. Menaruh di dalam hati.⇌ Ulangan 11:18 ↦ Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu.
  10. Diajarkan kepada semua orang.⇌ Nehemia 8:8 ↦ Juga Yesua, Bani, Serebya, Yamin, Akub, Sabetai, Hodia, Maaseya, Kelita, Azarya, Yozabad, Hanan, Pelaya, yang adalah orang-orang Lewi, mengajarkan Taurat itu kepada orang-orang itu, sementara orang-orang itu berdiri di tempatnya.
  11. Selalu dibicarakan.⇌ Ulangan 6:7 ↦ haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.
  12. Tidak dipalsukan.⇌ 2 Korintus 4:2 ↦ Tetapi kami menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan; kami tidak berlaku licik dan tidak memalsukan firman Allah. Sebaliknya kami menyatakan kebenaran dan dengan demikian kami menyerahkan diri kami untuk dipertimbangkan oleh semua orang di hadapan Allah.
  13. Jangan didengar saja, melainkan harus dilakukan.⇌ Yakobus 1:22 ↦ Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
  14. Dipakai untuk melawan semua musuh rohani.⇌ Efesus 6:17 ↦ dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
Dengan melakukan Firman TUHAN pada posisi seharusnya maka kita akan berbahagia.

Sikap orang-orang kudus yaitu yang dikuduskan oleh Kristus terhadap Firman TUHAN sebaiknya adalah:
  1. Mencintai Firman Tuhan.⇌ Mazmur 119:167 ↦ Aku berpegang pada peringatan-peringatan-Mu, dan aku amat mencintainya.
  2. Suka Firman Tuhan.⇌ Mazmur 1:2 ↦ tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam
  3. Menganggap Firman Tuhan manis.⇌ Mazmur 119:103 ↦ Betapa manisnya janji-Mu itu bagi langit-langitku, lebih dari pada madu bagi mulutku
  4. Menghargai Firman Tuhan lebih dari segala sesuatu.⇌ Ayub 23:12 ↦ Perintah dari bibir-Nya tidak kulanggar, dalam sanubariku kusimpan ucapan mulut-Nya. r
  5. Merindukan Firman Tuhan ⇌ Mazmur 119:82 ↦ Habis mataku merindukan janji-Mu; aku berkata: "Bilakah Engkau akan menghiburkan aku?"
  6. Hatinya gemetar terhadap Firman Tuhan ⇌ Mazmur 119:161 ↦ Pembesar-pembesar mengejar aku tanpa alasan, tetapi hanya terhadap firman-Mu hatiku gemetar.
  7. Tidak akan dilupakan.⇌ Mazmur 119:16 ↦ Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapan-Mu; firman-Mu tidak akan kulupakan.
  8. Berdukacita bila orang tidak menurut Firman Tuhan ⇌ Mazmur 119:158 ↦ Melihat pengkhianat-pengkhianat, aku merasa jemu, karena mereka tidak berpegang pada janji-Mu.
  9. Disimpan di dalam hati.⇌ Mazmur 119:11 ↦ Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.
  10. Berharap kepada Firman Tuhan.⇌ Mazmur 119:74 ↦ Orang-orang yang takut kepada-Mu melihat aku dan bersukacita, sebab aku berharap kepada firman-Mu.
  11. Merenungkan Firman Tuhan.⇌ Mazmur 119:99 ↦ Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.
  12. Gembira atas Firman Tuhan.⇌ Mazmur 119:162 ↦Aku gembira atas janji-Mu, seperti orang yang mendapat banyak jarahan.
  13. Berpegang pada Firman Tuhan.⇌ Yohanes 17:6 ↦ Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu
  14. Mengabarkan Firman Tuhan.⇌ Mazmur 119:172 ↦ Biarlah lidahku menyanyikan janji-Mu, sebab segala perintah-Mu benar.
  15. Menerima Firman Tuhan sebagai pelita.⇌ Mazmur 119:105 ↦ Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
  16. Berdoa supaya mereka diajar Firman Tuhan.⇌ Mazmur 119:12 ↦ Terpujilah Engkau, ya TUHAN; ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.
  17. Berdoa supaya diteguhkan oleh Firman Tuhan.⇌ Mazmur 119:133 ↦ Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku.
  18. Meminta janji-janji Firman Tuhan dalam doa.⇌ Mazmur 119:25 ↦ Jiwaku melekat kepada debu, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu.
Bagaimana sikap kita terhadap Firman TUHAN? Apakah seperti orang kudus yang dikatakan Alkitab? Kiranya TUHAN memperbaharui sikap kita terhadap Firman TUHAN.

Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.
Yakobus 1:25



Catatan Alkitab dan penterjemahannya

Penterjemahan/pengadaan Alkitab agar semua orang dari segala umur dan golongan dapat membaca, memiliki Alkitab dalam bahasa ibu.
Penterjemahan Alkitab bukan karena jasa penjajah tetapi hasil badan-badan perkumpulan misi.
Gereja di seluruh dunia dari berbagai bahasa tidak dapat dipisahkan dari Alkitab.
Alkitab tertulis dalam bahasa manusia dan untuk manusia.
Penterjemahan Alkitab mempengaruhi perkembangan budaya, ilmu / peradaban bahkan bangsa.
Penterjemahan, produksi dan distribusi sangat memperhatikan faktor harga agar dapat terjangkau.
Penterjemahan menerima pentingnya kritik tekstual
Penterjemahan menghargai pentingnya keutuhan dari setiap kitab kanon.

Catatan tambahan:
Terjemahan Alkitab sudah mampu menuntun pembacanya mengenal keselamatan dan mendapatkan keselamatan. Terjemahan sudah mampu menjelaskan isi Alkitab, tetapi untuk kajian mendalam / akademik atau yang bersifat khusus sangat disarankan mengunakan bahasa sumber


Premium WordPress Apps

Tulisan lainnya:
Allah Berfirman
Tuhan itu Pengajar
Roh Kudus
Tuhan Itu Pemberi Terbaik
Naskah Laut Mati
Ineransi Alkitab


×
Berita Terbaru Update