-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Tuhan Itu Sumber Penghiburan

Minggu, 17 Mei 2020 | Mei 17, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-19T08:32:04Z
Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, 2 Korintus 1:3

Teks di atas adalah ucapan syukur Rasul Paulus memulai tentang kebaikan Allah kepada dirinya serta rekan-rekan sekerjanya di dalam berbagai penderitaan dan kesukaran yang mereka alami. Paulus bersyukur sebab Allah sebagai sumber penghiburan dalam kesusahan dan penderitaan yang dialaminya.

Dalam suratnya yang kedua kepada jemaat Korintus, Paulus menceritakan penderitaan yang dialaminya. Misal dalam:
  • Apakah mereka pelayan Kristus? --aku berkata seperti orang gila--aku lebih lagi! Aku lebih banyak berjerih lelah; lebih sering di dalam penjara; didera di luar batas; kerap kali dalam bahaya maut. Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan, tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut. Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian, dan, dengan tidak menyebut banyak hal lain lagi, urusanku sehari-hari, yaitu untuk memelihara semua jemaat-jemaat. Jika ada orang merasa lemah, tidakkah aku turut merasa lemah? Jika ada orang tersandung, tidakkah hatiku hancur oleh dukacita? 2 Korintus 11:23-29
Pengalaman Paulus membuktikan bahwa TUHAN ALLAH itu penuh belas kasihan dan sumber segala penghiburan.

Penghiburan dari TUHAN yang menghibur Paulus dan teman-temannya dalam sebuah team memberikan kesanggupan untuk menghibur orang-orang yang mereka layani sehingga melengkapi pemberitaan Injil. Lihat "yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah." 2 Korintus 1:4

Tuhan Allah sumber penghiburan itu menyediakan Kitab Suci sebagai alat untuk menghibur umat-Nya yang memerlukan penghiburan. Alkitab sebagai Kitab Suci memuat janji Tuhan dan kasih setia Tuhan yang memberikan penghiburan. (Roma 15:4 Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.)

Allah yang memberikan penghiburan kepada kita adalah Allah Tritunggal, Alkitab memberikan keterangannya seperti:
  • 2 Korintus 1:5 Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah.
  • Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Allah Yang Esa itu memberikan penghiburan sehingga kita dihibur-Nya.

Penghiburan diberikan kepada orang yang membutuhkan hiburan, seperti:
  • Orang yang berdukacita karena dosa Yesaya 40:1-2 Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian firman Allahmu, tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya.
  • Orang yang hatinya gelisah Yohanes 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.
  • Orang yang ditinggalkan sahabat-sahabatnya Mazmur 27:10 Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.
  • Orang yang miskin Mazmur 10:14 Engkau memang melihatnya, sebab Engkaulah yang melihat kesusahan dan sakit hati, supaya Engkau mengambilnya ke dalam tangan-Mu sendiri. Kepada-Mulah orang lemah menyerahkan diri; untuk anak yatim Engkau menjadi penolong.
  • orang yang sakit Mazmur 41:3 TUHAN membantu dia di ranjangnya waktu sakit; di tempat tidurnya Kaupulihkannya sama sekali dari sakitnya.
  • Orang yang berkabung Yesaya 61:2 untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,
  • Saat menghadapi kematian Mazmur 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
  • Orang yang dicobai. Roma 16:20 Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!
Tuhan Allah mengetahui dengan jelas siapa saja yag butuh penghiburan dari-Nya.

Penghiburan yang diberikan TUHAN bersifat:
  • Berlimpah-limpah Mazmur 71:21 Engkau akan menambah kebesaranku dan akan berpaling menghibur aku.
  • Kuat Ibrani 6:18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.
  • Abadi 2 Tesalonika 2:16 Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita,
Penghiburan-Nya diberikan dengan tanpa mengungkit-ungkit hingga kita bersukacita sampai masuk dalam kerajaan yang tiada air mata.

Tuhan itu sumber penghiburan yang sanggup menghibur kita. Untuk mendapatkan penghiburan dari TUHAN, maka pemazmur raja Daud sangat merindukan penghiburan-Nya dan diminta lewat doa kepada-Nya. (Mazmur 119:82 Habis mataku merindukan janji-Mu; aku berkata: "Bilakah Engkau akan menghiburkan aku?")

Menantikan penghiburan dari Tuhan Allah berbeda dengan menantikan penghiburan dari manusia yang sia-sia (Mazmur 69:20 Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur, tetapi tidak kudapati.) terutama saat kemiskinan dan penderitaan melanda. Penghiburan manusia selain terkadang sia-sia juga jika didapatkan karena kekayaan bisa saja mendatangkan celaka. (Lukas 6:24 Tetapi celakalah kamu, hai kamu yang kaya, karena dalam kekayaanmu kamu telah memperoleh penghiburanmu.)

Ayub saat mengalami pencobaan, datang sejumlah sahabatnya untuk memberikan penghiburan kepadanya tetapi Ayub merespon penghiburan yang diberikan sahabatnya dengan pernyataan yang mengungkapkan kekecewaan terhadap para sahabatnya. Misal:
  • Ayub 16:2 "Hal seperti itu telah acap kali kudengar. Penghibur sialan kamu semua!
  • Ayub 21:34 Alangkah hampanya penghiburanmu bagiku! Semua jawabanmu hanyalah tipu daya belaka!"
waktu Ayub dipulihkan TUHAN maka baru muncul penghibur yang sesungguhnya. (Ayub 42:11 Kemudian datanglah kepadanya semua saudaranya laki-laki dan perempuan dan semua kenalannya yang lama, dan makan bersama-sama dengan dia di rumahnya. Mereka menyatakan turut berdukacita dan menghibur dia oleh karena segala malapetaka yang telah ditimpakan TUHAN kepadanya, dan mereka masing-masing memberi dia uang satu kesita dan sebuah cincin emas.) Ada waktu mendapatkan penghiburan yang sejati terlebih-lebih jika TUHAN membuka pintu penghiburan

Tuhan sumber penghiburan yang utama. Dia inginkan agar kita juga saling menghibur mereka yang perlu dihibur ( 1 Tesalonika 4:18 Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.)

Menghibur yang tepat kepada orang lain dapat kita lakukan jika kita telah mendapatkan penghiburan dari TUHAN dan berdiam Roh Penghibur dalam diri kita sehingga penghiburan kita tidak seperti sahabat Ayub yang hanya menambah kekesalan meskipun tujuannya menolong dan menghibur.

Tuhan Allah itu sumber penghiburan kiranya memberikan inspirasi sehingga kita bukan saja penerima penghiburan dari TUHAN tetapi dengan efektif dapat menghibur sesama


Premium WordPress Apps

Tulisan lainnya:
Raih Kepuasan Hidup
Menantikan TUHAN
Jemaat Mula Mula Yang Disukai Banyak Orang
Berbahagia Dianiaya Karena Kebenaran
Bersedih Lebih Baik Dari Tertawa
l
Dunia Tidak Layak Bagi Orang Beriman


×
Berita Terbaru Update