-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

11 Alasan Mengapa Firman Menjadi Manusia

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-02T11:32:42Z
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Yohanes 1:14

Firman / Sabda yang pada mulanya bersama-sama dengan Allah dan Dia adalah Allah yang berfirman telah menjadikan segala sesuatu. Di dalam Dia ada hidup dan hidup adalah terang manusia. Terang bercahaya dalam kegelapan. Dia adalah Allah yang menjadi manusia dan diam diantara kita dan diberi gelar Anak Tunggal Allah. Sebagai manusia, Ia yang melihat Allah Bapa. DIA adalah Yesus Kristus Tuhan.

Firman telah mengosongkan diri-Nya menjadi manusia sedangkan manusia bahkan Lucifer tidak dapat menjadi Allah. Dia lakukan karena kasih-Nya yang besar kepada manusia, yang dijadikan sasaran kasih-Nya yang agung. Kasih-Nya aktif bekerja sehingga bertindak yang melampaui berpikir ciptaan-Nya. Mengapa Sang Firman perlu datang sebagai manusia dengan mengenakan daging yang dibatasi ruang dan waktu? Tentu ada sejumlah alasan Tuhan Allah bertindak demikian. Alkitab memberikan penjelasan, sekurang-kurangnya ada sebelas alasan mengapa Firman menjadi manusia dengan mengenakan daging dan dikenal dengan sebutan Yesus. Alasannya antara lain:
  1. Firman Menjadi Daging - Untuk Mengungkapkan Bapa
    "Ya Bapa, Engkau selalu melakukan yang benar. Walaupun manusia di dunia ini tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau. Dan pengikut-pengikut-Ku ini tahu bahwa Bapa yang sudah mengutus Aku ke dalam dunia ini. Aku sudah memperkenalkan Bapa kepada mereka, dan Aku akan terus memberitahukan tentang Engkau kepada mereka. Dengan begitu, mereka juga akan mengasihi Aku dari dalam hati— seperti Engkau mengasihi Aku. Dan Aku akan tetap bersatu dengan mereka.” Yohanes 17:25-26

    Salah satu hal penting yang Yesus lakukan adalah mengungkapkan karakter Bapa. Di antara hal-hal yang dia ungkapkan tentang Bapa adalah kasih dan belas kasih-Nya yang besar. Anda harus mencatat bahwa sebelum Kristus datang gagasan melihat Allah sebagai Bapa bukanlah ajaran yang sangat menonjol. Pada zaman Perjanjian Lama mereka memahami dan berhubungan dengan Tuhan sebagai Yang Mahakuasa, Mahabenar, dan Kudus. Ketika Yesus datang, Ia menghadirkan dan menyatakan Allah sebagai Bapa. Ini adalah perubahan paradigma. Dengan melakukan ini, Yesus memperkenalkan Tuhan dengan cara yang akan mengungkapkan bagaimana kita akan berhubungan dengan-Nya di masa depan. Dia akan menjadi Bapa kita, dan kita akan menjadi anak-anaknya.
  2. Firman Menjadi Daging - mengenapi nubuat Perjanjian Lama
    "Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;" Mazmur 40:7

    Di dalam gulungan kitab yang berisi keputusan dan hikmat atau rencana ilahi. Di sanalah tertulis bahwa telinga-Nya telah dibukakan, dan Dia berkata, Sungguh, Aku datang. Di sanalah tercatat kovenan penebusan, hikmat atau rencana penebusan, hikmat atau rencana pendamaian (manusia dan Allah) antara Bapa dan Anak. Maka, terhadap semua itulah Dia mengarahkan mata-Nya dalam menjalankan perintah yang Ia terima dari Bapa-Nya.
  3. Firman Menjadi Daging - Menjadi Teladan Kita
    "Aku telah memberi teladan kepada kamu semua. Lakukanlah apa yang telah Kulakukan untukmu." Yohanes 13:15

    Yesus menghabiskan waktu kurang lebih 33 tahun di bumi ini. Dia datang ke dunia ini dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan melalui kelahiran. Dia tumbuh sebagai seorang anak, menjadi remaja, kemudian dewasa. Dia pergi ke pelayanan dan akhirnya kematian dan kebangkitan. Sepanjang jalan, dia memberi contoh untuk Anda dan saya ikuti. Dia menunjukkan kepada kita bagaimana berdoa, bagaimana hidup, bagaimana berinteraksi dengan mereka yang menentang Anda. Bagaimana cara mengajar. Bagaimana mencintai. Bagaimana menunjukkan belas kasihan. Singkatnya, dia mendemonstrasikan semua yang perlu kita lihat untuk mengetahui bagaimana menjalani hidup ini. Dia adalah contoh teladan bagi manusia.
  4. Firman Menjadi Daging - Untuk Mematahkan Kutukan
    "Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" Galatia 3:13

    Untuk mematahkan kutukan dosa itu akan membutuhkan Tuhan untuk masuk ke dalam umat manusia. Itu akan membutuhkan Kristus menjadi kutuk untuk menebus kita dari kutukan. Cara lain untuk memikirkannya adalah bahwa Tuhan tidak dapat mengalahkan dosa kita dari luar. Itu pasti pekerjaan orang dalam. Untuk mencapai prestasi ini, Yesus mengambil daging manusia dan menjadi seperti kita sehingga pada gilirannya Dia bisa memenangkan kita kembali.
  5. Firman Menjadi Daging - Untuk Memenuhi Persyaratan Hukum
    "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya." Matius 5:17

    Seseorang harus memenuhi persyaratan hukum atau hukuman hukum akan tetap berlaku. Agar syarat-syarat itu dapat dipenuhi dengan sempurna, maka menuntut seseorang untuk memenuhi segala syarat dengan sempurna termasuk hukuman-hukuman yang dituntut oleh undang-undang. Setiap dosa harus dibayar atau ditebus. Tidak ada dosa yang luput dari persyaratan ini.

    Dengan memenuhi persyaratan hukum, Yesus tidak hanya memenuhi standar dan menyelesaikannya, tetapi pada akhirnya ia menjadi korban yang dituntut oleh hukum. Dia memenuhi persyaratan hukum yang Anda dan saya tidak bisa dan membayar hukuman atas dosa kita sehingga Anda dan saya tidak perlu melakukannya. Ini hanya bisa terjadi jika Yesus datang sebagai manusia. Omong-omong, jika Anda membaca ini dan Anda belum menaruh kepercayaan Anda kepada Yesus sebagai Juru Selamat, maka Anda masih di bawah persyaratan hukum yang berarti akan ada hukuman untuk membayar dosa Anda.
  6. Firman Menjadi Daging - Untuk Menumpahkan Darah-Nya
    "Namun, ketika Kristus datang sebagai Imam Besar atas hal-hal baik yang akan datang, Ia masuk melalui Tempat Kudus yang lebih besar dan lebih sempurna; yang tidak dibuat oleh tangan manusia dan bukanlah suatu ciptaan. Ia masuk ke Ruang Mahakudus satu kali untuk selamanya, bukan dengan membawa darah kambing jantan dan darah anak sapi, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri sehingga mendapatkan penebusan yang kekal.Ibrani 9:11-12.
    “Bahkan, menurut hukum Musa, hampir segala sesuatu disucikan dengan darah. Karena tanpa pertumpahan darah, tidak ada pengampunan.” Ibrani 9:22

    Salah satu alasan besar mengapa Yesus perlu menjadi daging adalah karena Ia harus menumpahkan darah. Hukum mensyaratkan bahwa pembersihan hanya dapat terjadi dengan pertumpahan darah. Tidak ada cara bagi Yesus untuk melakukan ini kecuali ia mengambil daging manusia. Kabar baik tentang darah yang dia tumpahkan adalah bahwa darah itu untuk selamanya memenuhi persyaratan hukum. Tidak ada lagi darah yang dibutuhkan karena Yesus telah selamanya memenangkan penebusan kita melalui darah-Nya yang berharga.
    Kita berterima kasih untuk darah Yesus yang berharga ini yang masih membayar untuk keselamatan sampai hari ini karena darah ini tidak pernah kehilangan kekuatannya.
  7. Firman Menjadi Daging - Untuk Membawa Dosa dan Kesalahan Kita
    "Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh." 1 Petrus 2:24

    Menurut hukum Allah, dosa harus ditebus. Dalam Perjanjian Lama, darah hewan yang dikorbankan di atas mezbah itulah yang membuat penebusan. Korban darah hewan adalah penebusan sementara yang tidak memiliki efek kekal yang bertahan lama. Apa yang dibutuhkan adalah pengorbanan yang lebih besar yang menjadi Kristus dan mengapa Kristus harus mengambil rupa manusia. Tidak ada cara lain dia bisa menanggung dosa-dosa kita.
  8. Firman Menjadi Daging - Untuk Benar-Benar Menjadi Imam Besar dan Pembela Kita
    "Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa." Ibrani 4:14-15.

    Alasan untuk dipertimbangkan adalah alasan yang membuat Kristus begitu bertahan dan mudah didekati. Dia mengerti apa yang Anda alami. Keindahan Kristus menjadi daging dan mengambil bentuk manusia adalah bahwa dia sekarang dapat berempati dengan semua yang Anda rasakan. Dia tahu apa artinya dicintai dan ditolak. Dipuji dan dikritik. Untuk mengalami kesetiaan dan pengkhianatan. Untuk diikuti oleh banyak orang dan sendirian. Merasa dekat dengan Bapa dan merasa ditinggalkan.

    Singkatnya, dia tahu bagaimana rasanya menjadi manusia karena Dia. Karena kemanusiaannya, Anda bisa merasa nyaman datang kepadanya dengan setiap situasi dalam hidup. Tidak ada yang Anda lalui yang membuat Anda lari dariNya. Segala sesuatu yang Anda lalui harus menyebabkan Anda lari kepadaNya. Di dalam Dia, Anda akan menemukan seseorang yang menunggu untuk memeluk Anda dan membantu Anda karena Dia telah berjalan di sepatu Anda.
  9. Firman Menjadi Daging - Untuk Menbinasakan Perbuatan Iblis
    "barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu." 1 Yohanes 3:8

    Dia, Yesus tidak pernah berbuat dosa sekalipun dicobai oleh Iblis hingga puncaknya saat Dia memikul dosa manusia sewaktu disalibkan. Saat memikul dosa maka kutuk ditimpakan kepada-Nya yang berakibat Bapa memalingkan wajah-Nya tetapi tanpa kehadiran Bapa, DIa Yesus berkuasa mengalahkan kejahatan Iblis dengan tetap dalam kebenaran dan kekudusan dan menang. Sekalipun kuasa kegelapan mengerahkan segenap kekuatannya, Sang Firman mengalahkan dan membinasakan yang dibuktikan dengan kebangkitan-Nya. Dia yang telah menang memberikan anugerah kemenangan bagi yang percaya dan menerima-Nya dan yang setia.
  10. Firman Menjadi Daging - Untuk Manusia Mengalami Kemuliaan-NYA
    "Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya" Yohanes 1:12

    Semua yang hidup dikatakan seperti rumput dan segala kemuliaannya seerti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur. Yesus datang agar setiap yang menerima-Nya ada pengharapan karena dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah. Melalui Yesus kita mendapatkan sumber segala kasih karunia yang mendatangkan kemuliaan-Nya yang kekal sebab Dia melengkapi, meneguhkan, menguatan dan mengokohkan meskipun menderita seketika lamanya. Kemuliaan akan tiba saat Gembala Agung datang yang memberikan mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.
  11. Firman Menjadi Daging - Mendapat Bagian Dalam ROH ALLAH
    "Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya." 1 Yohanes 4:13

    Tuhan Yesus sebagai pembaptis Roh Kudus maka melalui Dia mendapatkan bagian dalam Roh Allah. Roh Allah yang mengajar dan mengigatkan segala sesuatu yang Yesus katakan dan menjadikan penyembah-penyembah Bapa yang berkenan kepada-Nya sehingga makin serupa dan bersatu dengan Allah. Roh Allah mengaruniakan karunia-karunia ilahi dan membuat mengerti kehendak Bapa dan menyerukan: ""Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma! Roh itu menjadikan kita saksi-saksi dan utusan-Nya agar air kehidupan dinikmati orang banyak.
Alangkah besarnya perhatian Tuhan Allah kepada manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya. Bukankah menyenangkan mengetahui bahwa Yesus memahami siapa Anda dan di mana Anda berada? Fakta bahwa Yesus datang sebagai manusia seharusnya menjadi sumber penghiburan dan keyakinan. Dengan melakukan menjadi manusia mengenakan daging, Dia menunjukkan sejauh mana Bapa akan pergi untuk menebus Anda. Betapa besar Allah dan Juruselamat yang luar biasa yang kita miliki. Mari kita sembah Dia dan beri Dia pujian yang layak dia terima karena Dia benar-benar layak untuk itu semua.

Dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!



Tulisan lainnya:
YHWH Berinkarnasi Menjadi Yesus
Firman Dalam Injil Yohanes Dan Perjanjian Lama
Yesus Anak Manusia Berdasarkan Injil Lukas
Kemuliaan Yesus, Kemuliaan ALLAH
Adam Awal Dan Adam Akhir


×
Berita Terbaru Update