-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Kristus Kepala Jemaat

Jumat, 25 November 2022 | November 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-25T09:13:57Z
karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. Efesus 5:23

Teks Alkitab Terjemahan Baru mengunakan kalimat bahwa Yesus adalah kepala jemaat bukan sebagai kepala gereja. Orang Kristen acapkali mengunakan kata jemaat, jemaah dan gereja secara bergantian tetapi tidak dalam penulisan dalam Alkitab Terjemahan Baru. Perbedaan muncul jika melihat Alkitab terjemahan ILT3 (Indonesian Literal Translation) yang di terbitkan Yayasan Lentera Bangsa. Perbedaan tersebut adalah:
Tabel Pengunaan kata "Jemaat, Jemaah dan Gereja
No Istilah Terjemahan Baru - LAI Terjemahan ILT v3
Perjanjian Lama Perjanjian Baru Perjanjian Lama Perjanjian Baru
1 Jemaat PL 2 ayat PB 125 ayat PL 165 ayat PB 24 ayat
2 Jemaah PL 110 ayat PB 3 ayat PL 0 ayat PB 0 ayat
3 Gereja PL 0 ayat PB 0 ayat PL 0 ayat PB 89 ayat

Catatan untuk terjemahan baru - kata "jemaat dikhususkan untuk orang Kristen sedangkan kata jemaat dipakai untuk komunitas bukan orang Kristen. Di Perjanjian Baru kata jemaah / ekklesia ditujukan komunitas di padang gurun (Kisah Para Rasul 8:38) dan jemaah iblis (wahyu 2:9; 3:9). Kata jemaah berbicara kumpulan orang sedangkan sinagog ditujukan tempat yang berkaitan dengan bangunan. Sedangkan catatan ILT3 kata ekklesia diterjemahkan dengan kata gereja sedangkan tempat ibadah Yahudi dengan kata Sinagog. Ada sejumlah orang yang keberatan karena ekklesia berbicara komunitas bukan tempat atau bangunan. Alkitab Aramaik Peshitta dapat dipakai rujukan dimana ada kata ēḏtā untuk kumpulan orang / jemaat dan kata knuššā bicara lokasi atau bangunan.

Jemaat Kristus dikelompokkan dua sudut pandang, yaitu jemaat yang tidak dapat dilihat dan jemaat yang kelihatan. Jemaat yang tidak dapat dilihat adalah semua orang yang namanya terdaftar di sorga atau tercatat dalam kitab kehidupan (Ibrani 12:23) sedangkan jemaat yang kelihatan adalah mereka yang menjadi jemaat di sejumlah gereja lokal dan melakukan sakramen, pertobatan dan pengajaran para rasul dan hidup dalam komunitas dengan peran dan fungsi yang berbeda sesuai talenta, karunia, jabatan dll agar dapat saling melengkapi tubuh Kristus.

Kitab Efesus menyatakan bahwa Yesus adalah kepala jemaat berarti jemaat harus tunduk kepada-Nya sebab DIA adalah kepala yang patut dihormati bahkan tunduk kepada-Nya dan Kristus bertanggungjawab untuk menyelamatkan jemaat. Lalu siapakah jemaat yang dimaksud dalam Kitab Efesus? Apakah anggota jemaat di Efesus? Apakah yang beribdah kepada Kristus di Efesus? R.A.Torrey berpendapat bahwa jemaat yang dimaksud adalah:
  1. Kepunyaan atau milik Allah- 1 Timotius 3:15 - Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.
  2. Dikasihi Kristus- Efesus 5:25 - Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
  3. Dibeli oleh darah Kristus- Ibrani 9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.
  4. Dikuduskan oleh Kristus- Efesus 5:26-27 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.
  5. Tunduk kepada Kristus- Efesus 5:24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.
  6. Memasyurkan Allah- Yesaya 60:6 Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN.
  7. Kebenaran adalah pakaiannya- Wahyu 19:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)
Jemaat Kristus menjadikan Kristus sebagai dasar / pondasi sebab DIA batu penjuru dan diberi hikmat Ilahi dan dilindungi Allah serta diteguhkan oleh Firman-Nya sehingga alam maut tidak dapat menguasainya meski dapat saja alami aniaya dari manusia duniawi. Untuk melengkapi jemaat maka TUHAN menetapkan sejumlah orang pilihannya untuk menjadi gembala bagi jemaat-jemaat milik-Nya.

Status Yesus Kristus sebagai kepala jemaat / gereja maka hal itu berarti:
  • Jemaat / gereja dimana saja dalam lintasan waktu baik besar atau kecil harus menjadikan Kristus sebagai kepala. Tanpa Kristus itu bukan jemaat gereja sejati tetapi hanyalah sebuah lembaga kumpulan organisasi atau yayasan organisasi massa
  • Jemaat / gereja adalah kesatuan tubuh Kristus dimana semuanya berpusat dan tergantung kepada Kristus dengan ketentuan harus bertumbuh dan berkembang ke arah kepenuhan Kristus dengan aneka karunia dan talenta yang bertujuan memuliakan nama-Nya.
  • Yesus kepala jemaat maka semuanya bergantung kepada Yesus baik kesatuan, pertumbuhan dan pembangunan sampai mencapai tujuan akhir di zaman anugerah. Kristuslah yang menjaga jemaat saat anugerah-Nya masih dicurahkan dan jemaat/gereja masih mendapatkan Roh Kudus yang diutus-Nya
  • Peran, fungsi dan status sebagai kepala jemaat yang melekat dalam diri Kristus tidak akan dapat digantikan dan disubtitusikan kepada siapapun sampai kapan pun sebab Dia adalah Kepala / Raja yang kuasa di bumi dan di surga.
Jemaat Tuhan dalam zaman anugerah akan mengalami pertumbuhan dan berkembang. Sejumlah nubuatan tentang pertumbuhan jemaat TUHAN diantaranya:
  • Yesaya 2:2 - Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
  • Yehezkiel 17:22-24 - Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku sendiri akan mengambil sebuah carang dari puncak pohon aras yang tinggi dan menanamnya; Aku mematahkannya dari pucuk yang paling ujung dan yang masih muda dan Aku sendiri akan menanamnya di atas sebuah gunung yang menjulang tinggi ke atas; di atas gunung Israel yang tinggi akan Kutanam dia, agar ia bercabang-cabang dan berbuah dan menjadi pohon aras yang hebat; segala macam burung dan yang berbulu bersayap tinggal di bawahnya, mereka bernaung di bawah cabang-cabangnya. Maka segala pohon di ladang akan mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, merendahkan pohon yang tinggi dan meninggikan pohon yang rendah, membuat pohon yang tumbuh menjadi layu kering dan membuat pohon yang layu kering bertaruk kembali. Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan akan membuatnya.
  • Daniel 2:34-35 Sementara tuanku melihatnya, terungkit lepas sebuah batu tanpa perbuatan tangan manusia, lalu menimpa patung itu, tepat pada kakinya yang dari besi dan tanah liat itu, sehingga remuk. Maka dengan sekaligus diremukkannyalah juga besi, tanah liat, tembaga, perak dan emas itu, dan semuanya menjadi seperti sekam di tempat pengirikan pada musim panas, lalu angin menghembuskannya, sehingga tidak ada bekas-bekasnya yang ditemukan. Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi.
  • Habakuk 2:14 Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan TUHAN, seperti air yang menutupi dasar laut.
Roh Tuhan senantiasa bergerak dan kaki dian dari Yerusalem bergerak ke arah barat hingga akhirnya kembali ke Asia yaitu Korea dan akan masuk ke Indonesia. Dari Indonesia akan hadir di Timur Tengah sebelum kembali ke Israel. Saat ini Injil sudah berada dibelahan timur dari Yerusalem tanda masa zaman Anugerah masuk hujan akhir sebelum terjadi pengangkatan gereja sebagai tanda berakhirnya zaman bekaryanya Roh Kudus di tengah jemaat Kristus.

Kristus kepala jemaat yang bertanggung-jawab akan menuntaskan pekerjaan-Nya di tengah-tengah gereja-Nya di muka bumi dan jemaat-Nya diharapkan mengikuti pergerakan Roh Kristus sampai bumi penuh pengetahuan tentang kemuliaan TUHAN. Bagaimana keadaan jemaat TUHAN saat pergerakan saat ini yang dikepalai oleh Kristus dengan melakukan pengutusan Roh Kudus untuk melengkapi jemaat sehingga talenta dan karunia melimpah?

×
Berita Terbaru Update