-->

Notification

×
Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Manusia Kenyang

Tag Terpopuler

Syafaat

Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti henti berdoa untuk kamu. (Kolose 1:9a)

“Ketika Gereja belajar kekuatan doa ... mereka akan mengguncang dunia.” - RA Torrey


Rasul Paulus dan team pelayanannya senantiasa berdoa untuk jemaat-jemaat diantaranya jemaat di Kolose. Berdoa untuk orang lain, termasuk tubuh kristus adalah disebut doa syafaat. Syafaat adalah berdoa atas nama orang lain. Peran perantara dalam doa amat umum dinyatakan dalam Perjanjian Lama. Misal : Abaraham, Musa, Daud, Samuel, Daniel terutama Imam Besar akan masuk ke ruang Maha Kudus mengakui dosa umat-Nya dan melakukan hal terpenting bersyafaat dengan Allah. Dalam Perjanjian Baru, Yesus, Imam besar Agung kita telah mensucikan kita dengan darah-Nya dan menjadikan kita sebagai imamat yang rajani.

Kita sebagai pengikut Perjanjian Baru Kristus juga telah diberikan mantel kenabian yang pernah disediakan untuk para nabi seperti Yesaya dan Yeremia.  Selain itu, suatu hari kita akan benar-benar berkuasa dan memerintah dengan Tuhan sebagai ahli waris kerajaan-Nya. Sementara itu, bagaimanapun, melalui doa kita dapat memanfaatkan otoritas mengagumkan Dia memberi mempengaruhi bangsa-bangsa, mengcakup seluruh dunia kita. Sebagai orang-orang pilihan-Nya kita dipanggil untuk mewujudkan tujuan-Nya sampai pada hari kemuliaan-Nya menutupi bumi seperti air yang menutupi dasar laut.

Derek Prince, dalam bukunya Membentuk Sejarah melalui Doa dan Puasa, membuat komentar yang menakjubkan: “Allah telah dipegang oleh kita yang beriman sebagai orang di bumi - otoritas yang kita dapat menentukan nasib bangsa dan pemerintah. Dia mengharapkan kita untuk menggunakan otoritas-Nya baik untuk kemuliaan-Nya dan kebaikan kita sendiri “Dia berdasarkan pernyataan mengejutkan ini pada Yeremia 1:. 9-10. Dalam bagian bahwa Tuhan mengatakan Ia akan menempatkan kata-kata-Nya dalam mulut nabi dan dengan demikian akan menunjuk dia “atas bangsa-bangsa dan kerajaan.” Kata-kata Tuhan, berbicara akan memiliki dampak yang revolusioner, yang mempengaruhi sangat hidup dan nasib masyarakat. .

Berabad-abad kemudian, Yesus meletus dengan marah berapi-api di Bait Suci Yerusalem ketika Dia menemukan bahwa keasyikan dengan pedagang dan uang telah ditumbangkan sebab melupakan panggilan imamat untuk menjadi “rumah doa bagi segala bangsa.” Apa pengalihan tragis telah terjadi sejak rupanya akan kesejahteraan dunia dan masyarakat yang tergantung pada doa-doa dari tempat itu!

Bisa dikatakan bahwa masa depan planet kita sekarang di tangan dan hati pendoa syafaat hari ini. Mereka adalah orang yang berbagi hati Tuhan, yang memungkinkan Firman dan Roh-Nya untuk membimbing mereka berdoa karena mereka menghadapi dunia dalam semua kegelapan yang mengganggu dan kemungkinan harapan. Memiliki lebih banyak akses ke akhir-melanggar dan informasi yang komprehensif daripada generasi lain sebelum kita, kita memiliki hak istimewa belum pernah terjadi sebelumnya dan mengagumkan untuk membentuk sejarah melalui doa.

Teolog Walter Wink, dalam buku bijaksana nya, “Melibatkan Powers: Penegasan dan Resistance di Dunia Dominasi,” telah menulis salah satu alasan-alasan yang paling menarik untuk pentingnya doa syafaat dan pengaruh besar dapat mengerahkan pada urusan dunia. Dia menegaskan, “Sejarah milik pendoa syafaat, yang percaya masa depan menjadi ada ... pembentuk ini masa depan adalah pendoa syafaat, yang menyebut dari masa depan yang merindukan-untuk hadirnya yang baru.”

Alkitab mencatat contoh yang perlu didoakan diantaranya:
  • Semua yang berkuasa (1 Timotius 2:2)
  • Para hamba Tuhan (Filipi 1:19)
  • Gereja (Mazmur 122:6);
  • Para sahabat (Ayub 42:8)
  • Teman-teman sebangsa (Roma 10:1)
  • Orang-orang sakit (Yakobus 5:14)
  • Para musuh kita (Yeremia 29:7)
  • Mereka yang menganiaya kita (Matius 5:44)
  • Mereka yang membuang kita (2 Timotius 4:16)
  • Semua orang (1 Timotius 2:1)
Yakinlah dengan yang tulus, doa penuh iman kita akan membuat perbedaan besar untuk kesejahteraan dunia kita!